Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta melalui Pelatihan English News Anchoring

Authors

  • Ani Susanti Universitas Ahmad Dahlan
  • Eka Anisa Sari
  • Patria Handung Jaya

Keywords:

bahasa inggris, english news anchoring, pendampingan, pelatihan SMA

Abstract

SDM sekolah (terutama Guru Bahasa Inggris dan pendamping literasi) di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta masih minim dalam hal wawasan dan pengalaman di bidang English News Anchoring. Salah satu sebab adalah belum adanya pelatihan English News Anchoring di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Akibat lain dari belum adanya pelatihan ini adalah kurangnya kesempatan bagi siswa untuk praktek meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Selain itu, kesiapan dan keikutsertaan siswa sekolah tersebut untuk memenuhi undangan lomba English News Anchoring juga minimal. Solusi yang ditawarkan adalah menyelenggarakan pelatihan English News Anchoring untuk guru dan siswa, dilanjutkan dengan pendampingan untuk siswa, dan lomba English News Anchoring tingkat sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline secara bertahap (enam langkah). Pertama, pengenalan English News Anchoring untuk guru dan siswa; kedua,  pelatihan English News Anchoring untuk guru; ketiga, pelatihan (pendampingan) untuk siswa oleh guru dan tim pengabdi;  keempat, workshop pengembangan teknis lomba English News Anchoring; kelima, pelaksanaan lomba English News Anchoring; dan keenam, pengumuman kejuaraan lomba. 

References

Bayani, M., Masnun, T., & Priajana, N. (2018). The Effectiveness of Voice of America News Video As the Teaching Media of Listening Skill. The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 3(2), 159. https://doi.org/10.24235/eltecho.v3i2.3633.

Inayah, R., & Rahayu, S. (2022). the Use of Voa Special English As a Media To Empower Students’ Writing and Speaking Skills in Distance Learning During Covid-19 Pandemic Time. PROJECT (Professional Journal of English Education), 5(2), 244. https://doi.org/10.22460/project.v5i2.p244-255

Jayanti, W. I. D., Ulyani, M., & Susanti, A. (2022). The Student’s Perception Towards

English Speaks Up Club To Improve Speaking Skill. PREMISE, 11(1).

Kurniawan, D. F. (2017). English news presenter bagi murid sman 6 surakarta. Abdi Seni, 8(1), 21–26.

Rusyatin, A. O., & Boediman, E. P. (2018). Kecakapan Polisi Sebagai News anchor Pada Program Traffic Update di NMTC TV. Pantarei, 2(1).

Utami, A. I. P., & Ramli, S. (2023). Pelatihan Jurnalistik Dasar di UPT SMA Negeri 3 Sinjai. Teknovokasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 108–113.

Downloads

Published

2023-12-20