Peningkatan Kapasitas UMKM di Kelurahan Banguntapan melalui Merk dan Digital Pemasaran

Authors

  • Azty Acbarrifha Nour Universitas Ahmad Dahlan
  • Sri Handayaningsih
  • Dian Eka Wijayanti

Keywords:

Desain digital, digital marketing, UMKM

Abstract

Seiring dengan perkemnbangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, menuntut para pengusaha bisnis untuk melakukan inovasi dan kreatifitas dengan memanfaatkan teknologi digital. Pemanfaatan media digital untuk melakukan bisnis secara online bukan lagi hal yang asing dalam kehidupan saat ini. Pemanfaatan media digital tidak terbatas pada bisnis dengan sekala besar saja, tetapi dapat digunakan untuk bisnis dengan skala kecil. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah salah satu bentuk bisnis atau pelaku usaha yang paling banyak dalam lingkup masyarakat. Di era digital, pengusaha UMKM dituntut untuk lebih maksimal memanfaatkan teknologi digital dalam usaha yang dijalankannya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemasaran dan promosi yang lebih luas. Pelatihan mengenai merk dan digital pemasaran (digital marketing) menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Pengabdian kepada masyarakat ini bermitra dengan Pemerintah Kalurahan Banguntapan, Bantul. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM melalui merk dan digital pemasaran. Peserta yang terlibat adalah perwakilan dari UMKM yang ada di wilayah Kalurahan Banguntapan. Terdapat 30 orang perwakilan UMKM yang menjadi peserta pelatihan. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama memberikan pelatihan mengenai merk dan desain digital. Sesi ke dua memberikan materi mengenai digital pemasaran. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 42,25% dan mendapat antusias yang tinggi dari peserta.

References

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Choirina, P., Tjiptady, B. C., Fadliana, A. F., Rohman, M., Wahyudi, F., & Darajat, P. P. (2022). Peningkatan marketing UMKM dengan pelatihan desain grafis untuk karang taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(1), 8–16.

Hakim, A. R., Mulyaningsih, T., & Lely Ratwianingsih, M. (2020). Digital branding dan Desain Optimalisasi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Makanan Tradisional di Kabupaten Sukoharjo. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 125–130.

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77–85.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Wijayanti, L., Sukwadi, R., Prasetya, W., & Azels, W. A. (2022). Pelatihan Membuat Desain Iklan Digital Menggunakan Aplikasi Canva bagi UMKM Binaan ASPPUK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1). https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/18245

Downloads

Published

2023-12-20