Pendampingan dalam Packaging dan Branding pada Usaha Beras dan Kacang di Pakis, Kabupaten Malang

Authors

  • Ratya Shafira Arifiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Viajeng Purnama Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

Pendampingan, Packaging, Branding, Beras, Kacang-kacangan

Abstract

Packaging dan branding memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis. Packaging dibutuhkan untuk meningkatkan nilai jual dari sebuah produk dan branding dijadikan sebagai identitas dari sebuah produk. Packaging dan branding merupakan peranan penting dalam pemasaran dan menghasilkan sebuah produk. Pengabdian ini dilakukan pada usaha beras dan kacang di Pakis, Kabupaten Malang. Beras menjadi bahan makanan pokok dan mayoritas masyarakat Indonesia mengonsumsinya. Dengan adanya kebutuhan tersebut, maka beras dijadikan sebagai peluang usaha bagi sebagian masyarakat. Selain itu kacang-kacangan yang dihasilkan di Indonesia juga melimpah dan beragam sehingga dijadikan sebagai peluang bisnis. Mitra pengabdian kali ini adalah pelaku usaha beras dan kacang dimana belum memiliki merek dan pendistribusian beras hanya pada masyarakat di lingkungan sekitar. Selain itu packaging yang digunakan juga masih sederhana sehingga belum adanya kesan khusus pada produk yang dihasilkan. Kegiatan yang dilakukan pada pengabdian ini yaitu memberikan pendampingan kepada pelaku usaha tersebut dalam melakukan packaging dan branding dengan memberikan sosialisasi dan pendampingan dalam pembuatan logo merek serta pengemasan yang baik sehingga mampu memperluas pangsa pasar usaha beras dan kacang-kacangan agar mampu bersaing dengan produk beras lainnya dan mampu meningkatkan penjualan. Hasil dari kegiatan tersebut adalah adanya pemahaman bagi pelaku usaha pentingnya packaging dan branding dalam produk yang dihasilkan dan mampu membuat logo merek yang menjadi identitas serta pengemasan yang lebih baik.

References

Aaker. (1993). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name. International Journal of Research in Marketing, 10(1), 105. https://doi.org/10.1016/0167-8116(93)90037-y

Afandi, P. (2013). Brand Association Pada Suatu Produk. Among Makarti, 6, 1–9. https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/85

Angipora, M. P. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran (Revisi). Grafindo Persada.

Investment, I. (2017). Beras di Indonesia- Produksi & Konsumsi.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Soroka. (2002). Fundamentals of Packaging Technology. Institute of Packaging Professionals ISBN 1-930268-25-4.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Underwood, R. L. (2003). The Communicative Power of Product Packaging: Creating Brand Identity via Lived and Mediated Experience. Journal of Marketing Theory and Practice, 11(1), 62–76. https://doi.org/10.1080/10696679.2003.11501933

Downloads

Published

2021-02-15