Pemanfaatan Kain Bekas Bernilai Jual

Authors

  • Suprianto S Manajemen, Universitas Islam Balitar
  • Aqnes Dwi Sakti H Manajemen, Universitas Islam Balitar
  • Dian Putri Manajemen, Universitas Islam Balitar

Keywords:

kain bekas, ekonomi, nilai jual

Abstract

Perca merupakan limbah anorganik yang sulit terurai dan termasuk sisa kain dari proses penjahitan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan keterampilan membuat kerajinan dari kain perca, memberikan keterampilan yang bermanfaat bagi ibu rumah tangga secara pribadi dan mengisi waktu luang ibu rumah tangga dengan hal-hal yang positif dan lebih bermanfaat. Hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut adalah kegiatan pelatihan berjalan dengan cukup baik.

References

Anindita, G., Setiawan, E., Asri, P., & Sari, D. P. (2017, December). Pemanfaatan limbah plastik dan kain perca menjadi kerajinan tangan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. In Seminar Master PPNS (Vol. 2, No. 1, pp. 173-176).

Cahyawan, W., & Machdum, S. V. (2019). Dukungan sosial bagi perempuan pra-sejahtera melalui program keuangan mikro: Studi kasus pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Cikalongkulon. Jurnal Psikologi Ulayat, 6(2), 175-201.

Devanti, Y. M. (2017). Pemanfaatan limbah konveksi untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga miskin (RTM). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1).

Hamidin, A. (2012). Seni Berkarya dengan Kerajinan Kain Perca. Jakarta : PT.

Buku Seru.

Hendrawaty, E., Febrianto, I., Panjinegara, P., & Huzaimah, F. (2017). Edukasi Literasi Keuangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengakses Pendanaan Bagi UMKM Di Desa Pancasila Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Penelitian Bidang Ekonomi-Bisnis Serta Pembangunan Masyarakat, Dalam Upaya Meningkatkan Publikasi Internasional Manajemen Ekspor, 1(1), 1-190.

Prihati, S. (2013). Dasar Teknologi Menjahit 1. Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Kejuruan.

Syavaah, A., & Shiddi, J. (2022). Pelatihan kerajinan kain perca sebagai inovasi peningkatan ekonomi di desa Patihan Kidul. PRODIMAS: Prosiding Pengabdian Masyarakat, 1, 158-173.

Yuliani, T., Izmuddin, L., & Putri, A. (2020). Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Produk Terhadap Ketahanan Ekonomi Masyarakat Pada Industri Kerajinan Kapuk. Ekonomika Syariah: Journal of Economic Studies, 4(1), 90-110.

Downloads

Published

2022-09-09