Permasalahan Managemen Keuangan, Promosi, dan Peningkatan Produksi pada UMKM Keripik Tempe di Tulungagung

Authors

  • Diana Elvianita Martanti Akuntansi, Universitas Islam Balitar
  • Yefi Dyan Nofa Harumike Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Balitar
  • Sri Widoretno Teknik Elektro, Universitas Islam Balitar

Keywords:

manajemen keuangan, digtas marketing, keripik tempe, teknologi tepat guna, UMKM

Abstract

Tujuan dilakukannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah untuk mengatasi permasalahan priorotas mitra yakni masalah pada manajemen keuangan , promosi dan produksi. Metode yang digunakan guna mengatasi permasalahan tersebutadalah dengan dilakukannya kegiatan berupa pelatihan pembuatan laporan keuangan sederhana, kemudian dilanjut pelatihan digital marketing dan pengadaan teknologi tepat guna berupa mesin pemotong keripik tempe untuk meningkatkan kapasistas produksi keripik tempe. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu pemahaman mitra terkait managemen keungan meningkat, kedepannya mitra berusaha untuk secara teratur melakukan pembukuan arus keluar masuk kas agar dapat mengetahui konsistensi penghasilan dari usahanya. Kemudian setelah dilakukannya kegiatan pelatihan digital marketing wawasan dan pemaham  UMKM Lubits Snack terkait pemasaran online semakin meningkat. Terakhir setelah adanya pengadaan teknologi tepat guna berupa mesin pemotong tempe diharapkan kapasitas produksi keripik tempe mitra semakin meningkat.

References

Bimantara, A. R., Hidayat, W., & Suliswanto, M. S. W. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 4(1), 1-13.

Hapsari, P. P., Hakim, A., & Noor, I. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu). Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 17(2), 88-96.

Irawan, J. P., Santoso, I., & Mustaniroh, S. A. (2017). Model analisis dan strategi mitigasi risiko produksi keripik tempe. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 88-96.

Kristiyanti, M. (2012). Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1), 63-89.

Kusumawati, R., Akhbar, T., & Akmalia, A. (2021). Peningkatan daya saing usaha olahan pangan (peyek kacang dan emping melinjo). Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 199-207.

Siburian, P., & Batubara, H. (2017). Upaya peningkatan ekonomi desa melalui penerapan teknologi tepat guna. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (pp. 1-22).

Uslianti, S., Listiana, E., & Sedianingsih, P. (2015). Rancang Bangun Mesin Pengiris Tempe untuk Kelompok Usaha Dusun Karya I. ELKHA: Jurnal Teknik Elektro, 7(2).

Downloads

Published

2022-09-09