Peningkatan Mutu Manajemen TPQ Menggunakan Buku Prestasi Santri

Authors

  • Engelien Yusniar Permanasari Manajemen, Universitas Islam Balitar
  • Soebiantoro S Ilmu Administrasi Negara, Universitas Islam Balitar
  • M.Danil Dwi Martin Manajemen, Universitas Islam Balitar

Keywords:

mutu, manajemen, TPQ, buku prestasi santri

Abstract

Permasalahan prioritas mitra terletak pada aspek manajemen pembelajaran , dimana tata manajemen dan desain pembelajaran yang dipraktekkan dalam TPQ dilakukan secara sederhana tanpa hadirnya media di dalamnya atau dengan bahasa lain masih bersifat konvensional. Oleh karena itu tim Pengabdian berupaya untuk memfasilitasi upaya peningkatan mutu/kualitas pengelolaan yayasan baca tulis Quran melalui serangkaian kegiatan yang dikemas dalam satu paket program pemberdayaan dengan fokus masalah adalah peningkatan mutu manajemen TPQ menggunakan buku prestasi santri. Hasil dari kegaitan PKM  ini yaitu seluruh kegiatan berjalan lancer diketahui dari respon guru, santri dan orang tua santri yang memberikan respon positif setelah diadakannya pengadaan buku prestasi santri dan mutu manajemen TPQ meningkat.

References

Adam, G. (2018). Manajemen Pembelajaran Bagi Siswa Taman Pendidikan AlQur’an (TPQ) Darul Abror Watumas Purwanegara Purwokerto Utara

Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Aisah, S. (2018). Motivasi Orang Tua Dalam Menyekolahkan Anak Di Madrasah Diniyah Awaliyah Alkhairaat Tomado Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Aliwar, A. (2016). Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran Dan Manajemen

Pengelolaan Organisasi (TPA). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1),

-38.

Islam, P. P. (2016). Guru Sebagai Role Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Pendidikan Islam dan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2).

Lismawati, A., Damanhuri, D., Pribadi, R. A., & Hakim, Z. R. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sdit Al-Muhajirin. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 74-89.

Merdekawaty, A., & Fatmawati, F. (2020). Pelatihan Manajemen Organisasi Taman

Pendidikan Al-Quran (TPQ). Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 3(2), 172-

Saleh, N., Djibu, R., & Duludu, U. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai. Student Journal of Community Education, 1-11.

Sulaeman, D. (2019). Efektivitas Pembelajaran Bacaan Al-Qur’an Berdasarkan Imam ‘Ashim Riwayat Hafsh Thariq Asy-Syathibiyyah di Sekolah Dasar Islam Plus Al-Madinah Kota Tangerang (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Sulastri, S., & Tarmizi, A. T. A. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61-80.

Syahid, A., & Wahyuni, A. (2019). Tren program tahfidz Al-Qur’an sebagai metode pendidikan anak. Elementary: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 5(1), 87-96.

Upe, A. (2013). Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Kecamatan

Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Doctoral dissertation, Universitas Islam

Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Downloads

Published

2022-09-09