Pengembangan Neon Box sebagai Media Identitas Mushola Al Firdaus Rejotangan

Authors

  • Chosinawarotin C Teknik Sipil Universitas Islam Balitar
  • Eko Haryanto Teknik Sipil Universitas Islam Balitar
  • Shinta Dwi Rahmadani Teknik Sipil Universitas Islam Balitar

Keywords:

plang nama, neon box, musholla

Abstract

Musholla merupakan tempat ibadah umat Islam yang sering dicari. Masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan jalur darat terkadang untuk menjalankan kewajibannya sholat lima waktu mencari mushola di tengah perjalanan. Adanya papan nama atau nameplate dari musala di suatu tempat akan sangat membantu penggunanya terutama pendatang sehingga akhirnya dapat mengetahui lokasi masjid yang mereka gunakan untuk salat. Masalah prioritas yang dihadapi mitra adalah tidak adanya papan nama yang menunjukkan identitas tempat mushala Al Firdaus berada, sehingga keberadaannya jarang diketahui oleh orang luar atau pendatang. Untuk mengatasi masalah tersebut, tim pengabdian masyarakat dan mitra sepakat untuk mengembangkan neon box sebagai media identitas musala Al Firdaus agar mudah ditemukan keberadaannya.

References

Ali, M., Wahyudi, D., & Komalasari, R. (2021). LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM KLASIK DI NUSANTARA: STUDI TERHADAP LANGGAR. Riayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 6(01), 29-47.

Ariessaputra, S., Darmawan, B., Muvianto, C. M. O., & Ch, S. (2018). Peningkatan Kualitas Audio di Musholla Al Huda Desa Gunungsari. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 1, 546-556.

Bawazir, T. (2013). Panduan Praktis Wisata Syariah. Pustaka Al Kautsar.

Taufiq, S. A., & Wulandari, R. (2016). Efektivitas Lokasi Penempatan Papan Petunjuk (Signage System) pada Lobby Stasiun Kereta Api Bandung. Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, 1(1), 49-62.

Downloads

Published

2022-09-09