Pendidikan Literasi Digital Pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Deddy Setyawan Teknik Elektro, Universitas Islam Balitar
  • Ratnawan Lukito PKN, Universitas Islam Balitar
  • Muhamad Wildan Sirojudin Teknik Elektro, Universitas Islam Balitar

Keywords:

literasi digital, media digital, sekolah dasar, pendidikan

Abstract

Teknologi digital memungkinkan orang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan keluarga dan teman dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan media digital saat ini banyak menimbulkan dampak negatif, hal ini dikarenakan masyarakat belum memiliki kemampuan literasi yang baik. Anak merupakan bagian dari masyarakat yang lahir pada saat teknologi komunikasi berkembang pesat, sehingga perlu mendapat perhatian terkait pemanfaatan media digital dengan penguatan literasi media digital. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: 1) memberikan edukasi dan sosialisasi kepada anak dan ibu tentang karakteristik media digital yang diakses oleh remaja; 2) memberikan pengetahuan tentang dampak penggunaan media digital terhadap perilaku dan perkembangan psikologis remaja; 3) memberikan dorongan kepada ibu untuk dapat memberikan pendampingan kepada remaja dalam mengelola penggunaan media digital secara cerdas. Metode penyelesaian permasalahan tersebut akan dilakukan melalui kegiatan sosialisasi literasi media digital. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat mendorong dan mempengaruhi persepsi remaja terhadap konsumsi media informasi berupa media digital sehingga dapat mengubah keyakinan dan perilaku anak.

References

Buchori, A. (2018). Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Sosialisasi Pembangunan Melalui Media Sosial. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 11-16.

Gaol, D. F. L. (2020). Sosialisasi literasi digital pada remaja karang taruna kelurahan tanjungpriok, Jakarta Utara. IKRA-ITH ABDIMAS, 3(1), 30-36.

Kuncahyono, K., Suwandayani, B. I., & Muzakki, A. (2020). Aplikasi E-Test “That Quiz” sebagai Digitalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Indonesia Bangkok. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 153-166.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra. Informasi, 47(2), 149-166.

Meilinda, N., Malinda, F., & Aisyah, S. M. (2020). Literasi Digital Pada Remaja Digital (Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas). Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1).

Poerwaningtias, I., Rianto, P., Ni’am, M., Adiputra, W. M., Marganingtyas, D., Mirasari, E., ... & Arditya, D. (2013). Model-model gerakan literasi media dan pemantauan media di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Kajian Media dan Budaya Populer dan Yayasan TIFA.

Rodin, R., & Nurrizqi, A. D. (2020). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang. Pustakaloka, 12(1), 72-89.

Sabrina, A. R. (2018). Literasi digital sebagai upaya preventif menanggulangi hoax. Communicare: Journal of Communication Studies, 5(2), 31-46.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200-1214.

Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat literasi digital bagi masyarakat dan sektor pendidikan pada saat pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan, 65-80.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269-283.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).

Downloads

Published

2022-09-09