Pembuatan Telur Gulung untuk Usaha Sampingan bagi Masyarakat di Blitar

Authors

  • Sunarsasi Sunarsasi Manajemen, Universitas Islam Balitar
  • Nanang Rudi Hartono Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar
  • Mely Maharani Indra Agnesya Manajemen, Universitas Islam Balitar

Keywords:

Kata kunci : telur gulung, usaha sampingan, ekonomi

Abstract

Adapun permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah sebagai berikut: 1) Masih banyak masyarakat yang tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mendukung penambahan ekonomi keluarga. 2) Kurangnya pendapatan sehingga untuk membeli sesuatu harus memilih dan memilah dengan kebutuhan keluarga. Tujuan dari kegiatan ini adalah tercapainya kegiatan pelatihan pembuatan telur gulung untuk usaha sampingan bagi masyarakat di Blitar. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah Presentasi, Demonstrasi, dan Kuesioner. Dari hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui pembuatan telur gulung untuk usaha sampingan bagi masyarakat di Blitar, ibu-ibu sudah dapat memahami dan mengetahui cara membuat telur gulung.

 

References

Fuadillah, S., Amalia, A. A., & Nur, K. W. (2021). Pelatihan food photography bagi kelompok UKM kuliner Kecamatan Rappocini Kota Makassar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 151.

Kurniawan, A. R. (2018). Dasar-Dasar Marketing: Segala Hal Tentang Marketing dan Sales. Anak Hebat Indonesia.

Pratiwi, S. A. (2020). Eksistensi pedagang jajanan tradisional di Pasar Blauran Surabaya: dalam tinjauan teori modal sosial Robert D. Putnam (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Putri, R. L., & Martanti, D. E. (2019). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Di Kelurahan Kepanjen Lor Kota Blitar Dalam Pelatihan Pembuatan Keripik Pepaya. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 09-14.

Setiyaningsih, D., Iswan, I., Bahar, H., & Erviana, E. V. (2021, February). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur Menjadi Produk Mozaik dan Pupuk Organik di Wilayah Kampung Cerewed Keluran Duren Jaya Bekasi Timur. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Sihombing, B., & Pandiangan, L. (2018). The role of food innovation pizza andaliman in improving tourist interest to lake toba. Jurnal Darma Agung, 26(3), 749-761.

Sujono, E. (2017). Mengembangkan Potensi Masyarakat di Desa & Kelurahan. Deepublish.

Yunan. (2009). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Universitas Sumatera Utara. Jakarta.

Downloads

Published

2022-09-09