Edukasi Penyuluhan Mengenai Asam Urat Pada Masyarakat Di Desa Terik Kecamatan Krian Sidoarjo

Authors

  • M. Dimas Septiawan Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • R. Ayu Ravena Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • Maylanda Putri Anangsyah Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • Sri Wiji Setianingsih Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • Shintia Regita Ningrum Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • Kamila Kamila Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • Dinda Rahmadayanti Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • Huuriyatud Dzakiyatul A. Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • Vika Vika Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • Dinda Widatul Hikmah Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • Dino Agus S. Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika
  • Bella Fevi Aristia Program Studi Farmasi, Universitas Anwar Medika

Keywords:

asam urat, pengetahuan, edukasi

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengenal asam urat lebih dalam di lngkungan Desa Terik Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Metode kegiatan penyuluhan dilakukan dengan tiga tahap yaiu, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan meliputi observasi lapangan,pengumpulan bahan, dan persiapan materi tentang penyakit asam urat, serta koordinasi dengan pihak terkait. Tahapan pelaksanaan kegiatan adalah mengumpulkan peserta di lokasi penyuluhan, selanjunya diberikan pre-test sebelum materi penyuluhan dan setelah penyuluhan berlangsung. Pada tahap evaluasi adalah penyusunan laporan dan tindak lanjut positif dari lapangan berupa peningkatan Kesehatan dan pengetahuan tentang penyakit asam urat, jumlah responden 30 orang, Hasil kegiatan: diperoleh peningkatan pengetahuan masyarakat dari hasil pre-test sebelum menyampaikan materi yakni responden dengan nilai 100 sebanyak 27% menjadi 57% setelah dilakukan post-test sesudah penyampaian materi menjadi kategori baik. Dari hasil kegiatan ini menunjukkan adanya manfaat penyuluhan masyarakat yang telah diberikan. Kesimpulan dari penyuluhan ini adalah adalah dengan dilaksankannya penyuluhan kepada masyarakat di Desa Terik berupa penyuluhan edukasi mengenai asam urat mampu meningkatkan taraf Kesehatan dan pengetahuan masyarakat

References

Andry, Saryono, A. S. U. (2009). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kadar Asam Urat Pada Pekerja Kantor Di Desa Karang Turi. The Soedirman Journal of Nursing), 4(1), 26–31.

Fadlilah, S., & Sucipto, A. (2018). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kadar Asam Urat Pada Masyarakat Dusun Demangan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5(1), 295–301.

Fauzi, M. (2018). Hubungan Aktifitas Fisik Dengan Kadar Asam Urat Di Padukuhan Bedog Trihanggo Gamping Sleman Yogyakarta. Ilmu Keperawatan, 11.

Hasnidar, Tasnim, Sitorus, S., Hidayati, W., Mustar, Fhirawati, Yuliani, M., Marzuki, I., Eka Yunianto, A., Susilawaty, A., Puspita Pattola, R., Sianturi, E., & Sulfianti. (2020). Ilmu Keshatan Masyarakat. In Yayasan Kita Menulis. https://link-springercom. proxy.libraries.uc.edu/content/pdf/10.1007%2F978-3-642-19199-2.pdf

Simamora, R. H., & Saragih, E. (2019). Penyuluhan kesehatan terhadap masyarakat: Perawatan penderita asam urat dengan media audiovisual. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 24–31.

https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.20719

Syukri, M., Zainoel, R. S. U., & Banda, A. (2007). Asam Urat dan Hiperuresemia. 40(1).

Downloads

Published

2022-09-09