Pelatihan Kewirausahaan dan Pendampingan Ekonomi Kreatif Pemanfaatan Limbah Kayu untuk Karang Taruna Gama Bina Karya Desa Tuyuhan

Authors

  • Rikah Rikah Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPPI Rembang
  • Damayanti Damayanti Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPPI Rembang

Keywords:

Limbah Kayu, Kewirausahaan, Managerial skill, Karang Taruna

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah sebuah konsep pembangunan ekonomi yang merangkum nilai-nilai sosial. Konsep ini mencerminkan paradigma baru pembangunan, yakni yang bersifat “people centred, participatory, empowering, and sustainable”. Konsep ini lebih luas dari hanya semata-mata memenuhi kebutuhan dasar (basic needs) atau menyediakan mekanisme untuk mencegah proses pemiskinan lebih lanjut (safety net), yang pemikirannya belakangan ini banyak dikembangkan sebagai upaya mencari alternatif terhadap konsep-konsep pertumbuhan di masa yang lalu. Salah satu potensi yang dimiliki oleh Desa Tuyuhan adalah sebagai penghasil kerajinan furnitureFurniture yang dihasilkan berupa kursi, meja, almari, dan lain sebagainya. Keberadaan industri kreatif berupa usaha pembuatan furniture yang berbahan dasar kayu jati menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin memiliki perabotan pelengkap di dalam rumah yang kuat dan tahan lama. Hal ini tentunya memberi peluang bagi kelompok-kelompok usaha yang ingin mengembangkan usahanya. Berdasarkan data lapangan masalah yang muncul di bidang usaha furniture masih banyak usaha yang belum ramah lingkungan baik dalam proses pemanfaatan bahan baku, maupun pengelolaan limbah. Adapun limbah produksi yang dihasilkan umumnya berupa serbuk kayu dan potongan multipleks. Belum ada penanganan secara khusus terhadap limbah tersebut, sebagian besar masih secara konvensional yakni dibakar. Sehingga yang harus dicari solusinya adalah bagaimana limbah produksi tersebut dapat dikurangi dan dimanfaatkan sehingga menjadi produk baru yang selain bermanfaat bagi lingkungan juga mampu meningkatkan pendapatan kelompok usaha tersebut. Target dan tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah  terlaksananya pelatihan kewirausaaan pembuatan photo wood, pendampingan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan limbah kayu. Inovasi produk baru dari pemanfaatan limbah kayu, pemasaran produk, dan pelatihan pembukuan keuangan. Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan kewirausahaan, pendampingan ekonomi kreatif, inovasi produk dan pelatihan managerial skill.

References

Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Rembang, (2018), “Data UMKM Industri di Kabupaten Rembang”.

Lumbarontuan, Romayana Sari, dkk. 2019. Penguatan Kelompok Karang Taruna Sebagai Upaya Mewujudkan Zero Waste, Di Dusun Bojongreungas, Desa Majasetra, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 No. 6.

Monografi Desa Tuyuhan Kabupaten Rembang Tahun 2019.

Rahman, Imas Kania, dkk. 2018. Pemberdayaan Masyarakat, Karang Taruna Dan Darma Wanita Dalam Mengentaskan Masalah Sampah Dan Limbah Di Desa Parung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.Vol. 02 No. 02.

Downloads

Published

2021-02-15