Peningkatan Pengetahuan Aparatur Desa melalui Pelatihan Pengelolaan Keuangan di Provinsi Sumatera Selatan
Keywords:
peningkatan pengetahuan, pengelolaan keuangan, aparatur desaAbstract
Mewujudkan pembangunan desa yang bertanggung jawab dan berdaya saing dapat dilihat dari pengelolaan keuangan desa. Peningkatan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan keuangan desa menjadi penting untuk dilakukan. Dalam melakukan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel, perlu dirancang sebuah model akuntansi desa yang sederhana, mudah, jelas sehingga dengan mudah dapat dipahami dan dilaksanakan oleh kepada desa dan aparatur desa. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Kota Palembang dengan partisipan dalam pengabdian ini adalah perwakilan aparatur desa dan aparaturnya di Provinsi Sumatera Selatan yang berjumlah 54 orang. Dalam kegiatan ini, peserta diberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai pencatatan transaksi keuangan desa, jurnal, posting ke rekening besar, neraca saldo, ayat jurnal penyesuaian, dan penyusunan laporan keuangan desa. Untuk lebih meningkatkan pemahaman peserta, kegiatan ini juga dilengkapi dengan pelatihan yang berkaitan dengan tema pengabdian dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta menjadi jauh lebih memahami pengelolaan keuangan desa terlihat dari hasil pre-test dan post-test sehingga kedepannya mereka dapat melakukan pengelolaan keuangan desa dengan lebih baik.