Pembuatan Sistem Informasi Manajemen untuk Usaha Pengisian Tabung Peralatan Pemadam Kebakaran

Authors

  • Teguh Oktiarso Program Studi Teknik Industri, Universitas Ma Chung
  • Sunday Alexander T. Noya Program Studi Teknik Industri, Universitas Ma Chung
  • Yurida Ekawati Program Studi Teknik Industri, Universitas Ma Chung

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen, APAR, SOP

Abstract

Sistem informasi manajemen merupakan salah satu bagian penting pada sebuah perusahaan. Sistem informasi manajemen yang baik akan mendukung kegiatan operasional perusahaan. Dengan sistem informasi yang baik, maka dokumen operasional perusahaan dapat tertata dengan rapi. Selain dokumen peruusahaan tertata rapi, sistem informasi manajemen yang baik dapat mendukung SOP (Standard Operation Procedure) yang baik pula. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mengendalikan dan merencanakan kegiatan perusahaan yang baik pula. CV. Slipper Sejati merupakan usaha pengisian tabung pemadam kebakaran (APAR) dalam berbagai ukuran. Banyaknya jenis ukuran tabung pemadam kebakaran yang diisi serta jenis isian untuk setiap jenis tabung yang berbeda menyebabkan timbulnya kesalahan dalam pengisian tabung. Administrasi yang ada pada proses pengisian tabung pemadam kebakaran masih belum standar sehingga pengulangan pencatatan administrasi menjadi tidak efisien karena harus dilakukan berulang kali untuk jenis tabung dariu pelanggan yang sama. Dengan adanya ystem informasi manajemen CV Slipper Sejati dapat meminimalkan kesalahan serta proses administrasi untuk pencatatan pengisian ulang serta SOP untuk pengisian tabung pemadam kebakaran dapat dikendalikan sehingga hasil dari pengisian akan selalu sama untuk setiap jenis tabung dan untuk setiap pelanggan.

References

Kadir,A., (2003), Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data, Andi, Yogyakarta.

Hilletofth, P. dan Lattila, L., (2012). Agent based decision support in the supply chain context., Industrial Management & Data Systems, Vol. 112, No. 8: 1217-1235.

Laudon, K.C. dan Laudon, J.P., (2014), Management Information System, Managing Digital Firm, 13th edition, Pearson.

Sekaran, U. (2000). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Third Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc.

O’Brien, J. dan Marakas, G. (2008), Introduction to Information System, McGraw-Hill.

Prasojo,L,D., (2013), Sistem Manajemen Informasi Pendidikan, UNY Press, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-02-15