Implementasi Thematic Unit Lessons dalam Pengajaran Bahasa Inggris bagi Siswa TK Dharma Wanita 1 Desa Sumbersekar

Authors

  • Lilis Lestari Wilujeng Universitas Ma Chung
  • Meme Susilowati Universitas Ma Chung
  • Yohanna Nirmalasari Universitas Ma Chung

Keywords:

implementasi, thematic unit lessons, pengajaran Bahasa Inggris, siswa usia dini

Abstract

TK Dharma Wanita Persatuan 1 Desa Sumbersekar sangat membutuhkan bantuan dalam peningkatan fasilitas pembelajaran Bahasa Inggris bagi para peserta didik, atau biasa disebut siswa usia dini. Guru-guru yang ada di TK tersebut belum ada yang memiliki kemampuan mengajar bahasa Inggris, begitupun materi yang bisa dipakai sebagai acuan dalam pembelajarannya. Menentukan materi ajar dalam Bahasa Inggris terutama bagi anak usia dini tidaklah mudah, terutama bagi para pengajar yang tidak memiliki basis pengetahuan pengajaran bahasa. Berdasarkan identifikasi masalah utama, yaitu belum adanya fasilitas utama maupun pendukung pengenalan dan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah tersebut, disusunlah sebuah modul. Para pakar di bidang pengajaran Bahasa Inggris bagi siswa usia dini (Teaching English to Young Learners) sepakat bahwa pengajaran Bahasa Inggris yang tepat adalah berdasarkan metode yang tepat pula, didukung oleh pemilihan materi ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Oleh karenanya, kegiatan yang dilakukan adalah penyusunan materi interaktif berupa modul pembelajaran siap implementasi sehingga memudahkan para guru dalam proses belajar mengajar. Modul tersebut dikembangkan dengan model “Thematic Unit Lessons” (pengajaran berbasis tema), yang terbagi menjadi 9 tema utama, dan masing-masing tema dibagi menjadi dua sesi pengajaran. Dengan menggunakan dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) pada bagian instruksi untuk guru, diharapkan guru TK yang belum memiliki basis Bahasa Inggris pun tidak menemui kesulitan dalam implementasinya di kelas, karena sebelumnya telah diberi pelatihan dasar cara menggunakan modul tersebut. Hal ini merupakan tahap terakhir yaitu penerapan, sebagai tahap implementasi yang disertai dengan pelatihan dan pendampingan kepada sekolah mitra untuk menggunakan modul tersebut di sekolah.

References

Arumsari, A.D., Arifin, B., Rusnalasari, Z.D. 2017. Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 4(2):133 DOI: 10.21107/jpgpaud.v4i2.3575. https://www.researchgate.net/publication/334323808_Pembelajaran_Bahasa_Inggris_pada_Anak_Usia_Dini_di_Kec_Sukolilo_Surabaya

Crandall, J. (1994). Content – Centered Language Learning. In Center for Applied Linguistics. Retrieved from http://www.cal.org/resources/digest/cranda01.html

Curtain, H., & Dahlberg, C. A. (2010). Connecting content with language and culture content-related instruction. Languages and children: Making the match (4th ed.). New York: Pearson Allyn & Bacon.

Febriyanti, Syaodieh, E., Agustin M. (2016). Pengenalan Bahasa Inggris Dalam Pembelajaran PAUD di Taman Kanak-Kanak Kota Bandung. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, Jilid 4 Nomor 1, Januari 2016, Hal. 145 – 159. https://ejournal.upi.edu/index.php/ppd/article/viewFile/21322/10555

Klein, K. (2000). Teaching young learners. English Teaching Forum, 31(2), 14.

Moon, J. (2000). Chapter 8: Why did I do it like this? Planning for children’s language learning. Children Learning English. Oxford: Macmillan.

Nunan, D. (1999). Does younger = better? TESOL Matters, 9(3), 3. Retrieved from: http://davidnunan.com/presMess_99Vol9No3.html

Pinter, A. (2006). Policy: Primary ELT programmes. In Teaching young language learners (p. 38). Oxford: Oxford University Press.

Shin, J.K. (2010). Introduction to Teaching English to Young Learners. A lecture. Retrieved from: http://blackboard.umbc.edu/webapps/portal/frameset.jsp?tab_tab_group_id=_2_1&url=%2Fwebapps%2Fblackboard%2Fexecute%2Flauncher%3Ftype%3DCourse%26id%3D_56941_1%26url%3Dhttp.

Shin, J.K. (2007). Developing dynamic units for EFL. English Teaching Forum, 45(2), 2-9.

Wilujeng, L.L. (2020). Thematic Unit Lessons: A Module for Teaching English to Young Learners. Modul tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2021-02-15