Aplikasi Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Web pada Lembaga Bimbingan Belajar Teknos Kabupaten Sidoarjo

Taman Bacaan Masyarakat

Authors

  • Purnomo Purnomo Program Studi Teknik Industri, Universitas Ma Chung
  • Rudy Setiawan Program Studi Sistem Informasi, Universitas Ma Chung
  • Yuswanto Yuswanto Program Studi Akuntansi, Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.33479/senampengmas.2021.1.1.200-209

Keywords:

Aplikasi, Web, Bimbel, Teknos, Kampoeng Sinaoe

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan  teknologi (IPTEK)  yang  semakin pesatkhususnya pada  komputerisasi  dan  internet  maka  perkembangan   teknologi  informasi dengan menggunakan alat bantu komputer dan internet meningkat secara signifikan dalam segala bidang. Taman bacaan masyarakat Lembaga Bimbingan Belajar Teknos dan Kampoeng Sinaoe Kabupaten Sidoarjo  merupakan salah satu Lembaga Bimbingan Belajar  yang mempunyai perpustakaan dengan berbagai jenis buku yang dapat menunjang dunia pendidikan.  Selain kegiatan peminjaman buku yang dilakukan Perpustakaan adapun kegiatan lain yakni berupa pengolahan data buku dan penyebaran informasi mengenai perpustakaan Lembaga  Bimbingan Belajar Teknos dan Kampoeng Sinaoe Kabupaten Sidoarjo tersebut masih bersifat konvensional. Sehingga dalam memberikan informasi kepada para pengguna perpustakaan masih sangat sulit. Hasil programkemitraanmasyarakat  ini adalah Website Perpustakaan Lembaga Bimbingan Belajar Teknos dan Kampoeng Sinaoe Kabupaten Sidoarjo ini memiliki keuntungan sebagai berikut : Dapat diakses menggunakan HP  dari mana saja kapan saja melalui jaringan internet, Sebagai media penyampaian informasi yang lebih efisien, Memiliki level akses yang bertingkat sesuai dengan penggunanya (admin dan user).

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Naskah Akademik Pengelola Taman Bacaan

Masyarakat (TBM). Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005 Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Naskah Akademik Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal, Jakarta

Kusnadi, dkk. 2005 Pendidikan Keaksaraan, Filosofi, Stategi, Implementasi. Depatemen Pendidikan Nasional, Jakarta, hal. 41.

Downloads

Published

2021-10-30