Peningkatan Kompetensi Teknologi Komunikasi untuk Lomba Virtual pada Guru Sekolah Dasar di Surabaya Melalui Pelatihan Editing Video

Authors

  • Vinda Maya Setyoningrum Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Danang Tandyomano Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Tsyuroyya Tsyuroyya Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Mutiah Mutiah Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Anam Miftakhul Huda Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33479/senampengmas.2021.1.1.171-179

Keywords:

Editing, Video, Guru

Abstract

Melalui pelatihan video editing diharapkan pendidik akan mampu memberikan materi pembelajaran yang menarik dan kreatif bagi peserta didik agar peserta didik lebih focus dan tertarik menerima materi yang disampaikan oleh gurunya. Kualitas pendidik di Kota Surabaya masih perlu ditingkatkan termasuk dalam keterampilan membuat video auidio visual, sehingga diperlukan adanya pelatihan dan bimbingan secara khusus agar tenaga pendidik dapat memiliki skill dalam membuat dan mengedit media pembelajaran berbasis video supaya guru dapat lebih kreatif untuk membuat presentasi materi pembelajaran. Tahapan dalam proses kegiatan pengabdian ini yaitu tahap persiapan,  pelaksanaan, evaluasi, dan pembuatan laporan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu peserta pengabdian mampu menggunakan aplikasi editing video, peserta pengabdian  berhasil membuat suatu produk video pembelajaran yang menarik dan inovatif, peserta pengabdian antusias untuk mengasah kemampuan eiditing video dengan mengikuti kegiatan perlombaan video editing.

References

Achsin, A. (1993). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Ujungpandang: IKIP Ujungpandang.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azhar, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.

Mustikasari, R. (2016). Penggunaan Media Audio Visual (Video) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ips Materi Permasalahan Sosial (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cijagra 2 Kecamatan Bojongsoang) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.

Nurhikmah, H., & Haling, A. (2020, January). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Media Video di Kabupaten Sinjai. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2019, No. 11.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2021-10-30