Pelatihan Pasar Modal Sebagai Penunjang Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Dian Wijayanti Program Studi Akuntansi, Universitas Ma Chung
  • Uki Yonda Asepta Program Studi Manajemen, Universitas Ma Chung
  • Tarsisius Renald Suganda Program Studi Akuntansi, Universitas Ma Chung

Keywords:

pelatihan, pasar modal, Sekolah Menengah Atas, Ekonomi

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha manusia untuk mengubah sikap dan tata laku seseorang atau sekolompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan terus-menerus dilakukan pemerintah. Ekonomi merupakan mata pelajaran pokok bagi siswa yang masuk kedalam jurusan IPS. Mata pelajaran ini memiliki keluasan materi dan membutuhkan pendalaman materi agar peserta didik dapat mencapai kompetensi yang ditetapkan. Bagi sebagian siswa, Ekonomi dianggap sebagai pelajaran yang tidak menarik karena harus menghafal banyak konsep dan kurangnya penerapan di dunia nyata. Oleh karena itu metode pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa untuk mata pelajaran Ekonomi. Materi pelajaran Ekonomi yang dirasa sulit adalah diantaranya produk, struktur, serta mekanisme pasar modal. Oleh karena itu mempelajari pasar modal diperlukan pelatihan oleh praktisi yang dalam hal ini bukan hanya Guru mata pelajaran melainkan dosen maupun praktisi yang bekerja di pasar modal. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah meningkatkan literasi siswa-siswa SMA terkait materi Pasar Modal. Pemahaman pasar modal dikaitkan juga dengan mata pelajaran Ekonomi untuk siswa SMA. Kegiatan pengenalan pasar modal diselenggarakan dengan mitra SMA Charis Malang dengan peserta adalah siswa kelas 11 jurusan IPS. Materi yang disampaikan adalah pengenalan pasar modal Indonesia dan praktik investasi di pasar modal. Pelatihan dilakukan dua kali dengan tatap muka dan pembelajaran online di masa pandemic Covid 19. Respon peserta terkait pelatihan ini dinilai baik.

References

Antara News. (2019, Oktober 16). Retrieved from https://www.antaranews.com/

Ghofur, M. A., & Agyun, N. R. (2019). Does the Stocklab Game Increase Students’ Understanding on Stock Markets? Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 129-136.

Kasaomada, P. F., & Fitrayati, D. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik pada KD 3.8 Mendeskripsikan Pasar Modal dalam Perekonomian Kelas XI IPS SMAN 1 Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Unesa.

Musdholifah, & Hartono, U. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru Ekonomi Melalui Program Edukasi Pasar Modal di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Abdi, 10-15.

Ulum, A. S., Sari, L. P., Karnoto, E. W., Permana, D. B., & Listyati, I. (2018). PELATIHAN SIMULASI DAN STRATEGI INVESTASI PADA SAHAM INGKAT GURU EKONOMI SMA/SMK/MA SE-JAWA TIMUR. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENIAS), (pp. 221-227). Madura.

Widiyati, S., Fatati, M., & Listyani, T. T. (2018). Internalisasi Pendidikan Pasar Modal pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi dalam Rangka Optimalisasi Life Laboratory Program Studi Analis Keuangan. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 115-122.

Downloads

Published

2021-02-15