Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Surat Menyurat untuk Mendukung Layanan di Desa Karangwidoro

Authors

  • Hendry Setiawan Teknik Informatika, Universitas Ma Chung
  • Ekky Rino Fajar Sakti Teknik Informatika, Universitas Ma Chung
  • Windra Swastika Teknik Informatika, Universitas Ma Chung
  • Paulus Lucky Tirma Irawan Teknik Informatika, Universitas Ma Chung

Keywords:

administrasi, desa karangwidoro, surat menyurat, sistem informasi

Abstract

Lahan pertanian yang luas yang dimiliki desa Karangwidoro  sekarang mengalami pergeseran dikarenakan beberapa perumahan mulai berdiri. Hal ini berdampak pada perubahan pola kerja dari penduduk yang ada, dimana sebelumnya mereka banyak yang memiliki profesi sebagai petani, namun sekarang banyak yang beralih ke bidang usaha yang lain. Disamping itu juga dengan adanya perumahan, maka dating  pendatang baru yang bermukim di desa tersebut dan terjadi migrasi penduduk masuk dan keluar dari desa tersebut. Dengan keberagaman penduduk yang tinggal di Desa Karangwidoro, kebutuhan tentang pendataan jumlah penduduk maupun keperluan ijin ataupun permohonan surat menyurat senantiasa dilakukan di kantor Desa Karangwidoro. Proses pembuatan surat dilakukan pada kantor Desa Karangwidoro, meskipun telah menggunakan komputer namun pengarsipan data terkait masih dilakukan secara manual sehingga pembuatan surat pencarian data tidak dapat dilakukan dengan efisien. Dari survey dan konsultasi yang telah dilakukan di kantor Desa Karangwidoro, sistem informasi ini telah  dirancang untuk membantu pengarsipan surat menyurat, data kependudukan serta memungkin pencarian data lebih mudah. Beberapa fitur yang dapat diakses melalui sistem informasi surat menyurat ini diantaranya surat keterangan, surat pindah keluar/masuk, input data penduduk serta visualisai data kependudukan.

References

Almukabir, Muhammad Romadinu; Fitri, R. (2020). Perancangan Aplikasi Sistem. Faktor Exacta, 3(3), 282–292.

Desa, K., & Kecamatan, K. (2019). SISTEM INFORMASI ARSIP SURAT (SINAU) BERBASIS WEB PADA KANTOR DESA KARANGSALAM KECAMATAN BATURRADEN. 7(2), 15–21.

Farell, G., Saputra, H. K., & Novid, I. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik Unp). Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan (JTIP), 11(2), 56–62.

Komang, S. (2010). Pengembangan Sistem Informasi Pemantauan Kuliah Berbasis Sms Di Jurusan Manajemen Informatika. Jurnal IKA, 8(2), 123–138.

Palopo, U. C. (2015). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Pada Universitas Cokroaminoto Palopo. 7(4).

Putra, E. krishna, Witanti, W., Saputri, intan vidia, & Pinasty, syarifudin yoga. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis WEB di Kecamatan XYZ. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 4(2), 55–64.

Setiawan, I. (2010). Migrasi Penduduk Menuju Daerah Pinggiran Kota Bandung Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Lingkungan Permukiman. Jurnal Geografi Gea, 10(2). https://doi.org/10.17509/gea.v10i2.1072

Downloads

Published

2021-02-15