Sosialisasi Dan Edukasi Pemenuhan Kewajiban Perpajakan Melalui Program Relawan Pajak

Authors

  • Umi Nandiroh Akuntansi Universitas Islam Malang
  • Zuhrotun Nisa Akuntansi Universitas Islam Malang
  • Andre Bayu Pratama Akuntansi Universitas Islam Malang

Keywords:

Sosialisasi, edukasi, Kewajiban Perpajakan, Relawan pajak

Abstract

Rendahnya kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, dibuktikan dengan masih rendahnya realisasi penerimaan pajak dari yang telah ditargetkan. Padahal pajak masih menjadi tulang punggung penerimaan Negara. Rendahnya kepatuhan wajib pajak tersebut, tidak terlepas dari banyaknya kendala yang dihadapi oleh wajib pajak, dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Di antaranya adalah Kemampuan wajib pajak dalam menggunakan sarana yang disediakan DJP untuk melaksanakan kewajiban perpajakan (misalnya; e-filling, e-billing) juga masih rendah. Faktanya banyak wajib pajak yang tidak tahu bagaimana mengisi SPT melalui e-filling. Untuk itu, program pengabdian masyarakat ini, berusaha memberikan solusi dari kesulitan yang dialami wajib pajak, melalui sosialisasi dan edukasi pemenuhan perpajakan dengan program relawan pajak. Relawan pajak di rekrut dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA, prodi akuntansi, manajemen dan perbankan Syariah yang memenuhi kriteria. Anggota relawan pajak diseleksi dan diberi pembekalan sesuai standar Direktorat Jendral Pajak, sebelum diberi tugas lapang untuk memberi sosialisasi dan edukasi kepada wajib pajak. Relawan pajak ditempatkan di KPP Malang Utara, KPP Singosari, Tax Center Unisversitas Islam Malang. Kurang lebih ada 4.000 wajib pajak di Malang Raya yang telah diasistensi oleh relawan pajak. Hadirnya relawan pajak, sangat membantu wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, mulai dari menghitung, membayar, dan melaporkan pajak.

References

Anam, Mohammad Choirul, Andini, rita dan H. (2018). Pengaruh kesadaran wajib pajak, pelayanan fiskus dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas sebagai variabel intervening (studi di kpp pratama salatiga). Journal Of Accounting, 4, 3–15.

Arum, H. P. (2012). Pekerjaan bebas ( studi di wilayah kpp pratama cilacap ). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 1(2010), 1–8.

Dessy, A. W. & C. D. N. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus di KPP Pratama Kalideres ). Prosiding, 256–269.

Direktorat Jenderal Perpajakan. (2019). Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor?: PER-32/PJ/2015. In Pajak.go.id. https://pajak.go.id/sites/default/files/2019-03/PER - 32.PJ_.2015.pdf

Mahdi, & Ardiati, W. (2017). PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDA ACEH. Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 22–31.

Muhamad, M. S., Asnawi, M., & Pangayow, B. J. C. (2019). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelapor SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Pada KPP Pratama Jayapura). Akuntasi & Keuangan Daerah, 14(1), 69–86. ejournal.akuntansiuncen.ac.id/index.php/JurnalAkuntansiUncen/article/download/92/71

Oktaviani.J. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan di Kota Medan). Kajian Akuntansi, 19(2), 221–237.

Primasari, N. H. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 60–79.

Sari, D. K., Samrotun, Y. C., & Dewi, R. R. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Surakarta. Seminar Nasional IENACO, 832–838.

Sari, M., & Jaya, H. (2017). Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus pada KUKM Kecamatan Sekupang Kota Batam). Cakrawala Pendidikan, 11(1), 77–91.

Downloads

Published

2021-02-15