IbM Pemantapan Pengelolaan Sistem Pencatatan Keuangan IKM N'Up Product

Authors

  • Yurida Ekawati Program Studi Teknik Industri, Universitas Ma Chung
  • Purnomo Purnomo Program Studi Teknik Industri, Universitas Ma Chung
  • Sunday Noya Program Studi Teknik Industri, Universitas Ma Chung
  • Novenda Kartika Putrianto Program Studi Teknik Industri, Universitas Ma Chung
  • Teguh Oktiarso Program Studi Teknik Industri, Universitas Ma Chung
  • Yuswono Hadi Program Studi Teknik Industri, Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.33479/senampengmas.2021.1.1.341-348

Keywords:

IKM, Pencatatan Keuangan, Pengabdian pada Masyarakat

Abstract

Perkembangan jumlah UKM di Indonesia semakin pesat. Namun  dari sekian banyak UKM, sebagian besar masih mengalami kesulitan yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan usaha. Hal ini tidak lepas dari keterbatasan UKM untuk memiliki pengetahuan yang baik tentang pengelolaan dan pencatatan keuangan serta keterbatas akses UKM untuk mendapatkan aplikasi pengelolaan dan pencatatan keuangan sederhana yang sesuai dengan kondisi usaha mereka. Kondisi ini dialami juga oleh N’Up Product, sebuah IKM yang memproduksi produk-produk olahan bawang hitam. Keterbatasan akses dan pengetahuan, mengakibatkan pencatatan keuanganya masih dilakukan secara manual. Membantu mengatasi persoalan ini, Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Teknik Industri Universitas Ma Chung, melalui Skim Ma Chung Abdimas Grant (MAG), merancang aplikasi khusus pencatatan keuangan IKM yang berbasiskan Microsoft Excel. Aplikasi ini kemudian diterapkan di IKM N’Up Product sekaligus untuk memperbaiki cara pengelolaan keuangannya. Hasil yang didapatkan melalui program ini, IKM N’Up Product telah memiliki dan menerapkan sebuah sistem pengelolaan dan pencatatan keuangan yang professional, yang pada saatnya nanti akan membantu pengembangan dan peningkatan usahanya.

References

Kementerian Koperasi dan UKM. (2017). http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1549946778_UMKM%202016-2017%20rev.pdf

Rahman, A. A., Hamid, U. Z. A., & Chin, T. A. (2017). Emerging Technologies with Disruptive Effects/ : A Review. PERINTIS EJournal, 7(2), 111–128.

Taneo, S. Y., Stephanus, D. S., & Setiyati, E. A. (2013). The Innovation Speed and Its Impact on Competitiveness of Small and Medium-Sized Enterprises. 1st Asia Pacific Management and Business Application International Conference on Management and Business Science (pp. 189-207). Batu: FEB UB

Downloads

Published

2021-10-31