Pemanfaatan Sistem Informasi Untuk Pembuatan Laporan Keuangan Karang Taruna Desa Petungsewu

Authors

  • Ruth Febriana Kesuma Program Studi Kimia, Universitas Ma Chung
  • Lidia Halim Program Studi Manajemen, Universitas Ma Chung
  • Felik Sad Windu Program Studi Manajemen, Universitas Ma Chung

Keywords:

Karang Taruna Desa Pentungsewu, focus group discussion, laporan keuangan

Abstract

Karang Taruna Desa Petungsewu merupakan organisasi kepemudaan yang berada di tingkat desa, didirikan untuk menjembatani para pemuda dalam berkontribusi, bersosialisasi, dan berkreasi dalam menyikapi tantangan-tantangan sosial yang ada di desa mereka. Salah satu bentuk partisipasi Karang Taruna Desa Petungsewu Malang adalah melakukan kegiatan pengelolaan sampah yang telah diinisiasi sejak tahun 2018. Warga desa yang sebelumnya membuang sampah di halaman rumah, melalui sosialisasi dan pendekatan, diajak untuk mulai membuang sampah di tempat sampah yang disediakan oleh karang taruna. Karang taruna secara bergantian akan memungut sampah dengan kompensasi setiap warga membayar Rp3.000,00. per bulannya. Tahun ini, Tim Abdimas Universitas Ma Chung memberikan pelatihan pembuatan laporan keuangan menggunakan program Ms. Excel untuk mengelola sampah di desa tersebut. Hal ini dikarenakan sebelumnya pelaporan keuangan dilakukan secara manual. Pendampingan meliputi pertemuan awal, Focus Group Discussion (FGD) untuk mengetahui kebutuhan pengurus akan jenis laporan keuangan yang akan dibuat, diskusi lanjut, pelatihan, dan evaluasi. Terdapat enam anggota Karang Taruna Desa Petungsewu yang mengikuti pelatihan ini. Dari hasil pelatihan yang telah diberikan, ketrampilan pengurus karang taruna dalam menggunakan Ms. Excel untuk membuat laporan keuangan semakin meningkat serta pengorganisasian data keuangan Desa Petungsewu untuk keperluan inventaris desa menjadi lebih tertata.

References

Febriyanto, Dwi Panggah, Like Soegiono, & Ari Budi Kristanto. (2019). Pemanfaatan Informasi Keuangan dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika 9(2):147-160.

Manoppo, Wilfried Seth & Frendy A O Pelleng. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Teknik Pembuatan Sederhana Bagi Pelaku Usaha UMKM di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Administrasi Bisnis 7(2):6-9.

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019 Tentang Karang Taruna. (2019).

Pratiwi, Ririh Dian. (2012). Menyusun Laporan Keuangan Sederhana dengan Microsoft Excel. Media Ekonomi & Teknologi Informasi 19(1):64-70.

Rahmayuni, Siti. (2017). Peranan Laporan Keuangan dalam Menunjang Peningkatan Pendapatan pada UKM. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan 1(1):93-99.

Rinandiyana, L R, D L Kusnandar, & A Rosyadi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android (SIAPIK) untuk meningkatkan Administrasi Keuangan UMKM. Jurnal Qardhul Hasan, Media Pengabdian Kepada Masyarakat 6(1):73-78.

Wantah, Edwin. (2017). Pemberdayaan Nelayan Berbasis Pendidikan Ekonomi dan Potensi Pesisir di Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 2(2):43-51.

Wibawa, Berto Mulia, Imam Baihaqi, Syarifa Hanoum, Dewie Saktia Ardiantono, Aang Kunaifi, Satria Fadil Persada, Puti Sinansari, & Ninditya Nareswari. (2019). Model Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Cloud Bagi Pelaku UMKM. SEWAGATI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-LPPM ITS 3(3):51-56.

Downloads

Published

2021-02-15