Peran Fitur Fiverr dan Manfaatnya bagi Digital Freelancer

Authors

  • Muhammad Elfan Hernantyo Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Vania Gunawan Program Studi Manajemen Universitas Ma Chung
  • Erica Adriana

Keywords:

Freelance, Marketplace, Kebutuhan Pasar, Manfaat Klien

Abstract

Gig economy adalah pertukaran tenaga kerja untuk kompensasi uang antara individu atau perusahaan yang menggunakan platform digital yang secara aktif memfasilitasi hubungan antara freelancer dan klien dalam struktur jangka pendek yang berorientasi pada project. Perkembangan teknologi digitalisasi telah membuka gerbang bagi era gig economy, di mana pekerjaan konvensional dengan mudahnya digantikan oleh fleksibilitas kerja digital. Salah satu platform yang memanfaatkan sistem gig economy ini adalah Fiverr. Di Fiverr, gig economy dikategorikan berdasarkan bidang keahlian, seperti desain grafis, dan lain-lain. Para freelancer dapat menawarkan jasa mereka sesuai dengan keahliannya di bidang-bidang tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan pasar dalam transaksi jual beli bagi klien dan manfaat yang diterima bagi klien melalui penggunaan marketplace freelance di era digital. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, mengumpulkan data dari berbagai sumber sekunder seperti laporan tahunan marketplace freelance, publikasi terkait, dan jurnal ilmiah. Data yang dianalisis mencakup informasi tentang jenis kelamin, umur, domisili, sektor pekerjaan responden, serta data pemanfaatan freelance marketplace. Dengan memanfaatkan platform freelance, klien dapat mengakses peluang, memantau kelayakan proyek, serta mengelola waktu dan sumber daya secara efisien. Freelance marketplace juga telah menjadi wadah jual beli yang cocok bagi penyedia jasa profesional yang sudah serius mendalami karir, dinilai dari tingginya penghasilan yang mungkin didapat dari aplikasi marketplace untuk freelance. Hal Ini menjadikan platform tersebut sebagai pilihan menarik bagi tenaga ahli untuk mengembangkan karir mereka dengan lebih fleksibel dan menguntungkan. Dengan demikian, penggunaan marketplace freelance tidak hanya memberikan keuntungan bagi freelancer dalam hal pendapatan, tetapi juga dalam aspek pengembangan karir.

References

Aristi, N. M., & Pratama, A. R. (2021). Peran Freelance Marketplace dan Media Sosial dalam Gig Economy Jasa Profesional. Jurnal Techno.COM, 20(1), 122-133.

Barlage, M., Born, A. V., & Witteloostuijn, A. V. (2022). The Needs of Freelancers and The Characteristics of ‘Gigs’: Creating Beneficial Relations Between Freelancers and Their Hiring Organizations. Emerald Open Research, 1(4).

Burke, A., & Cowling, M. (2015). The Use and Value of Freelancers: The Perspective of Managers. International Review of Entrepreneurship, 13(1), 7-20.

Green, D. D., McCann, J., Vu, T., Lopez, N., & Ouattara, S. (2018). Gig Economy and the Future of Work: A Fiverr.com Case Study. Management and Economics Research Journal, 4, 281-288.

Hakim, F. K., Rizqi, T. A., Sejati, P. P., Adrianto, R. D., & Agastha, M. E. (2022). Aplikasi Fiverr Bagi Karya Seniman Lokal dalam Meningkatkan Kreativitas Penjualan Online oleh Gusjigang di Kudus. Jurnal Implementasi, 2(1), 40-50.

Hikmawati, U. N. (2023). Di Ambang Kegairahan dan Kerentanan (Fleksibilitas Freelance Industri Kreatif Desain di Yogyakarta). Jurnal Studi Pemuda, 12(1), 50-62.

Hong, K. Y., & Pavlou, P. A. (2013). Online Labor Markets: An Informal “Freelancer Economy”. Philadelphia: Institute for Business and Information Technology Report.

Ismail, D. H., & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300-1307.

Ludwig, S., Herhausen, D., Grewal, D., Bove, L., Benoit, S., Ruyter, K. D., & Urwin, P. (2022). Communication in the Gig Economy: Buying and Selling in Online Freelance Marketplaces. Journal of Marketing, 86(4), 141-161.

Masakazu, K., Sisdianto, E., Suwardika, G., & Nugroho, D. S. (2023). Peran Digital Freelancer Marketplace dan Media Sosial Terhadap Perkembangan Gig Economy Worker. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 214-225.

Rasheed, S. A., Sati, U., & Bano, F. (2022). Gig Economy Work and Workers Life Balance Issues A Phenomenological Approach. Periodicals of Management Studies, 2(2), 82-98.

Downloads

Published

2024-09-10