Nilai-Nilai Bharanda Jataka dalam Membangun Regulasi Emosi secara Adaptif pada Remaja Buddhis

Authors

  • Eka Merlin Lim Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa
  • Chielee Winata Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa

Keywords:

regulasi emosi, remaja, Buddhis, keseimbangan batin

Abstract

Kesehatan mental remaja, khususnya dalam pengelolaan regulasi emosi, merupakan isu penting yang memerlukan perhatian serius. Penelitian ini bertujuan mengkaji nilai-nilai dalam Bharanda Jataka yang relevan untuk membangun regulasi emosi adaptif pada remaja Buddhis. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif serta analisis isi terhadap teks Bharanda Jataka. Data diperoleh melalui penelaahan pustaka, kemudian direduksi, dikategorikan, dan dianalisis secara sistematis. Hasil menunjukkan bahwa kisah Bharanda Jataka memuat nilai-nilai fundamental yang selaras dengan teori regulasi emosi Gross (1998), khususnya kemampuan cognitive reappraisal (penilaian ulang kognitif) untuk menafsirkan situasi secara lebih bijak. Kisah ini juga mengandung ajaran Buddhis seperti Upekkha (keseimbangan batin), Sati (kesadaran diri), dan Khanti (kesabaran) yang relevan untuk membentuk regulasi emosi yang sehat. Nilai-nilai tersebut dapat diimplementasikan melalui latihan mindfulness, pengembangan keterampilan sosial-emosional, dan refleksi harian bagi remaja Buddhis. Penelitian ini berkontribusi memperkaya kajian regulasi emosi berbasis kearifan Buddhis yang terintegrasi dengan psikologi modern, sekaligus menjadi dasar pengembangan program pendampingan remaja berbasis Dhamma. Dengan pemahaman ini, remaja Buddhis diharapkan mampu membangun keseimbangan batin serta keterampilan regulasi emosi yang adaptif untuk menghadapi tantangan emosional dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2025-09-30