Penerapan Game-Based Retrospective Starfish pada Proses Scrum: Studi Kasus pada Pengembangan Aplikasi Zikirin

Authors

  • Nabil Raihan Alfarizi IPB University
  • Firman Ardiansyah
  • Auzi Asfarian
  • Ahmad Ridha
  • Dean Apriana Ramadhan
  • Endang Purnama Giri

Keywords:

perangkat lunak, retrospeksi, Scrum, Zikirin

Abstract

Tim pengembang aplikasi Zikirin menggunakan metode manajemen pengembangan perangkat lunak Scrum, tetapi masih menggunakan metode sprint retrospective dengan menjawab pertanyaan “Apa yang sudah berjalan dengan baik?” dan “Apa yang harus di-improve?” melalui platform Notion. Metode sprint retrospective ini tidak bisa menjelaskan aktivitas-aktivitas apa saja yang perlu dipertahankan, diperbanyak, dikurangi, dimulai, dan dihindari tim pengembang aplikasi Zikirin pada sprint berikutnya. Pada sprint keenam, penelitian ini berhasil menerapkan game-based retrospective: Starfish kepada tim pengembang aplikasi Zikirin secara daring melalui perangkat lunak kolaboratif Figma dan Zoom untuk melihat evaluasi sprint yang telah dilakukan oleh tim pengembang aplikasi Zikirin secara lebih rinci dan detail. Metode game-based retrospective: Starfish yang diterapkan pada sprint keenam ini dapat mengetahui aktivitas-aktivitas yang perlu dipertahankan, diperbanyak, dikurangi, dimulai, dan dihindari pada sprint selanjutnya selama proses pengembangan aplikasi Zikirin. Aktivitas yang perlu dipertahankan oleh tim adalah diskusi secara synchronous melalui Zoom, aktivitas yang perlu diperbanyak adalah membuat obrolan bersama anggota tim supaya lebih akrab, aktivitas yang perlu dikurangi adalah melakukan screen sharing permasalahan yang kurang penting, aktivitas yang perlu dimulai adalah mencari perspektif desain baru, dan aktivitas yang perlu dihindari adalah membuat backlog yang terlalu besar.

Downloads

Published

2023-12-20