Pembelajaran Daring Matematika Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang
Keywords:
pembelajaran, evaluasi, daringAbstract
Covid-19 telah melanda dunia, korban semakin bertambah bahkan ada varian baru Omicron yang katanya lebih berbahaya. Masyarakat harus waspada, dunia pendidikan kembali pembelajaran daring. Masalahnya adalah apakah pembelajaran telah optimal? Dosen perlu mengevaluasi proses pembelajaran secara daring. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi dosen matematika, bagaimana ketercapaian materi? Apa kendalanya? Bagaimana kejujuran mahasiswa? Dosen dituntut menganalisis evaluasi pembelajaran yang tepat di masa pandemi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan objek penelitian mahasiswa semester dua PS DIV-Manajemen Rekayasa Konstruksi (MRK) dan Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) Jurusan Teknik Sipil Tahun Ajaran 2021/2022. Analisis data menggunakan penghitungan Statistika seperti Rata-rata, Standar Deviasi dan Uji Validitas. Instrumen penelitian dari skor Tes, Angket, dan Hasil Diskusi dengan dosen matematika dari jurusan lain. Tes secara daring dalam bentuk Pilihan Ganda Acak, Esai, dan Presentasi, Angket berisi pernyataan yang berkaitan dengan karakter seperti kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab. Tujuan penelitian adalah menganalisis evaluasi pembelajaran matematika secara daring. Manfaat yang diharapkan mahasiswa senang belajar matematika dan dosen mengajar sesuai target kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata tes bentuk pilihan ganda acak, esai, dan presentasi berturut-turut adalah 98, 71, dan 75. Hasil angket dari sepuluh pernyataan ada satu pernyataan yang tidak valid. Hasil diskusi dengan seluruh dosen matematika sepakat pembelajaran menggunakan zoom meeting dengan bentuk soal tes esai.