Kepercayaan Diri Siswa Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Authors

  • Adhityo Kuncoro Universitas Indraprasta PGRI
  • Fajar Erlangga Universitas Indraprasta PGRI
  • Randi Ramliyana Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.33479/snumc.v1i.230

Keywords:

Kepercayaan diri, Bahasa Inggris, Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa serta pengaruhnya terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka. Penelitian yang menggunakan metode survey ini dilaksanan di Universitas Indraprasta PGRI, dengan 40 responden yang dipilih secara acak dari dua kelas berbeda dari tiga kelas mahasiswa semester dua yang ada. Penelitian ini menggunakan tes tertulis untuk memperoleh data. Data tersebut kemudian diproses menggunakan program SPSS 2.0 dan dianalisis menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa, terlihat dari nilai sig=0,000 (nilai sig<0,05) dan thitung = 4,882 (thitung lebih besar dari ttabel= 1,69). Kesimpulannya, hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kepercayaan diri siswa memiliki pengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris.

Downloads

Published

2021-11-09