Analisis Perilaku Konsumen Dewasa Muda dalam Pembelian Kaos Polo, Kemeja, dan Celana Jeans di Kota Malang dan Surabaya

Authors

  • Novenda Kartika Putrianto Teknik Industri Universitas Ma Chung
  • Rivaldo Irfan Arianto Teknik Industri Universitas Ma Chung
  • Kartika Shafira Amalia Teknik Industri Universitas Ma Chung

Keywords:

perilaku pembelian, dimensi pakaian, dewasa muda

Abstract

Salah satu sektor industri yang membantu dalam pertumbuhan dan mencatatkan pertumbuhan terbesar di Indonesia adalah industri garmen. faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah kebudayaan, kelas sosial, keluarga, dan kelompok. dalam membeli pakaian terdapat empat faktor yang digunakan yaitu tampilan fisik, performa fisik, ekspresif dan ekstrinsik. Selain mengetahui dimensi-dimensi yang dimiliki pakaian, pola hubungan antara tiap jenis pakaian juga perlu diperhatikan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pola pembelian pakaian yang dilakukan, dimensi apa saja yang diiginkan responden pada pakaian yang diteliti dan pola hubungan pada jenis pakaian yang diteliti oleh responden. Metode asosiasi digunakan untuk mencari pola yang sering terlihat di antara banyak transaksi, setiap transaksi akan terdiri dari berberapa item. Klasifikasi data mining merupakan metode yang digunakan untuk menemukan model yang digambarkan dengan perbedaan kelas data atau konsep yang berfungsi untuk memprediksi kelas dari objek yang sudah diketahui. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online. Objek dalam penelitian ini adalah pria dan dewasa yang berusia antara 18-25 tahun Jenis pakaian yang diteliti adalah kaos polo, kemeja, dan celana jeans. Jenis pakaian yang paling sering dibeli oleh responden laki-laki dan perempuan  adalah kaos lengan pendek dan kemeja lengan pendek. jumlah dimensi penting dan sangat penting pada celana jeans menurut responden laki laki dan perempuan sebanyak 19 dimensi, dimensi untuk kemeja terdapat 15 dimensi dan untuk dimensi kaos polo terdapat 14 dimensi. Jenis pakaian yang memiliki pola hubungan adalah kaos lengan pendek, kemeja lengan pendek, kemeja lengan panjang, celana jeans, celana panmjang kain, dan rok kain.

References

Abraham-Murali, L., dan Littre, M., A., 1995, Consumer Conceptualization of Apparel Attribute.Clothing and Textile Journal.

Akbar, H., Yunidar, D., dan Chalik, C., Perancangan Jaket Windbreaker Dengan Bahan Material Canvas Untuk Penggunaan Di Daerah Tropis, Bandung: E-Proceeding of Art & Design 9.

Arief, M.A., 2022, Kemenperin: Industri Garmen dan Tekstil Bakal Tumbuh 10% Semester I, [Online] tersedia di

<https://katadata.co.id/lavinda/berita/620fa8c92634b/kemenperin- industri-garmen-dan-tekstil-bakal-tumbuh-10-semester-i> diakses pada tanggal 15 Maret 2022.

Amri, M.,2020, “85 persen Konsumen e commerce beraswal dari generasi z dan milenial”. [Online] tersedia di

ann<https://bisnis.tempo.co/read/1372514/85-persen-konsumen-e-commerce-berasal-dari-generasi-z-dan-milenial> diakses pada tanggal 15 Maret 2022.

Dharmawan Y.A., 2018, Perancangan Sepatu Kulit Bertema Topeng Malangan, Surabaya, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 7.

Engel, J.F., Blackwell, R.D. dan Miniard, P.W., 1995, Consumer Behavior, 8th d, Orlando, The Dryden Press.

Downloads

Published

2023-12-21