Pengendalian dan Penjaminan Mutu di Djawi Kafe Malang Menggunakan Metode Statistical Quality Control

Authors

  • Mala Program Studi Teknik Industri Universitas Merdeka Malang
  • Gabriel Program Studi Teknik Industri Universitas Merdeka Malang
  • Hizkia Program Studi Teknik Industri Universitas Merdeka Malang
  • Ika Anggraeni Khusnul Khotimah Program Studi Teknik Industri Universitas Merdeka Malang
  • Sufiyanto Program Studi Teknik Mesin Universitas Merdeka Malang

Keywords:

Check Sheet, Diagram Pareto, Fishbone Diagram, Kualitas, Biji Kopi

Abstract

Djawi Kafe berlokasi di Desa Sukowilangun termasuk dalam wilayah Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang. Wisata Taman Suko yang merupakan bagian dari Desa Sukowilangun. Kafe ini memfokuskan penjualan minuman-minuman olahan dari biji kopi dan non-kopi sebagai menu tambahan. Rasa adalah salah satu kunci utama untuk sebuah kafe untuk mendapat ciri khas dan konsumen yang loyal. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih bahan baku yang memiliki kualitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu bahan baku biji kopi yang digunakan dan penyebab kecacatannya serta jenis defect tertinggi yang ada pada biji kopi di Djawi Kafe. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta melibatkan alat pengendalian kualitas berupa check sheet untuk melakukan pemeriksaan biji kopi yang cacat, Diagram Pareto untuk menggambarkan melalui grafik batang urutan frekuensi/kuantitas jenis kecacatan pada biji kopi dan Fishbone Diagram yang digunakan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab dari masing-masing jenis kecacatan pada biji kopi. Bedasarkan hasil pengolahan data, pada diagram pareto menunjukkan bahwa jenis defect Quackers yang paling tinggi. Hasil analisis dengan menggunakan fishbone diagram didapatkan beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya defect Quackers yaitu faktor manusia, faktor mesin, faktor metode, dan faktor lingkungan. Djawi Kafesebaiknya mengadakan pemeriksaan dan pengawasan dalam hal pengendalian dan penjaminan mutu terhadap kualitas bahan baku untuk meningkatkan kualitas produk itu sendiri dengan cara memberikan pelatihan kepada karyawannya.

References

Coffeeland,. Coffeeland Indonesia. URL: https://coffeeland.co.id/roasting-coffee-proses-penting-dalam-menentukan-karakteristik-kopi. Diakses November 2021.

Kemenperin. (2014). SNI Produk Kopi Direvisi. URL: https://kemenperin.go.id/artikel/9514/SNI-Produk-Kopi-Direvisi. Diakses November 2021.

Paradito, A. C., Setiawan, A., Aprillio, D. N., Pambudi, F., Luha, A. F., Rianu, B. M., & Sufiyanto, S. (2021). Kemandirian Energi Wisata Alam Dan Edukasi “Taman Suko” Pasca Pandemi. The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), Universitas Widyagama Malang, 801-810.

Putri, D. O., & Soares, Marcelino. (2019). Pengendalian Kualitas Genteng Beton Menggunakan Statistical Quality Control. Journal of Industrial View, 1(1), 25-34. https://doi.org/10.26905/2998.

Sufiyanto,S., Anam, M.M., & Dzulkarnain, Z.Z. 2021. Aquaponic System Development as an Educational Tourism Destination in Sukowilangun Village, Malang Regency. Jurnal Abdimas Unmer Malang. 6(4), 465-477. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i4.5190.

Sufiyanto, S., Andrijono, D., Widayati, S., Anam, M.M., Dzulkarnain, Z., & Yuniarti, S. 2021. Implementasi Sistem Hidroganik untuk Menunjang Program Ketahanan Pangan Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Sukowilangun, Kalipare, Kab. Malang. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana. 2(3), 177-188. https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i3.259.

Downloads

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles