Sosialisasi Pentingnya Dukungan Keluarga untuk Pencegahan Baby Blues

Authors

  • Eko Yuliastuti Ilmu Hukum, Universitas Islam Balitar
  • Novita Setyoningrum Ilmu Hukum, Universitas Islam Balitar
  • Gandung Putra Panjalu Ilmu Hukum, Universitas Islam Balitar

Keywords:

baby blues, pasca melahirkan, keluarga

Abstract

Proses penerimaan peran baru sebagai orang tua oleh seorang wanita merupakan proses adaptasi psikologis selama masa nifas, bila ibu nifas tidak dapat melewati tahap adaptasi psikologis maka dapat mengalami depresi postpartum. Di wilayah Kabupaten Blitar ditemukan bahwa depresi postpartum dapat mempengaruhi penurunan keinginan ibu nifas dalam memberikan asuhan kepada anaknya, hal ini diperoleh dari beberapa faktor yang mempengaruhi depresi postpartum yaitu usia saat menikah, usia ibu, pendidikan, pekerjaan, metode pengiriman dan paritas. Maka dengan beberapa permasalahan tersebut maka dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi dukungan keluarga kepada ibu pendamping yang mengalami Baby Blues di Wilayah Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah sosialisasi, tanya jawab dan evaluasi. Hasil pelaksanaan pendidikan kesehatan yang diikuti oleh 20 ibu nifas mendapat respon yang baik. Hal ini diketahui dari hasil tanya jawab dan diskusi yang dilakukan, dimana sebagian besar ibu nifas belum banyak mengetahui tentang baby blues atau postpartum blues, tanda dan gejala serta cara mengatasinya.

References

Dahro, A. M., Kusharto, C. M., Saidin, S., Permaesih, D., & Muhilal, M. (2012). Hubungan Antara Status Besi Dan Status Vitamin a Pada Ibu Menyusui. Penelitian Gizi dan Makanan.

Fitelson, E., Kim, S., Baker, A. S., & Leight, K. (2011). Treatment of postpartum depression: clinical, psychological and pharmacological options. International journal of women's health, 3, 1.

Iskandar, E. (2007). Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit ISPA Menggunakan Metode Faktor Kepastian. Jurnal Ilmiah STMIK GI MDP, 3(1), 9-16.

Kenwa, P., Karkata, M. K., & Triyani, I. G. A. (2015). pengaruh pemberian konseling terhadap depresi post partum di Puskesmas II dan IV Denpasar Selatan. Coping Ners J, 3(2), 1-6.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan.

Rohan, H. H., & Siyoto, S. (2013). Buku ajar kesehatan reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika, 1-15.

Trisnawati, U., & Bahiyatun, B. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi Kunjungan Nifas di Puskesmas Jepon Kabupaten Blora Tahun 2012. Jurnal kebidanan, 2(4), 31-34.

Downloads

Published

2022-09-09