Pendidikan UU ITE dalam Bermedia Sosial di Kalangan Pelajar di Blitar

Authors

  • Weppy Susetiyo Ilmu Hukum Universitas Islam Balitar
  • Kasiani K Ilmu Hukum Universitas Islam Balitar
  • Rila Puspita Wardani Ilmu Hukum Universitas Islam Balitar

Keywords:

UU ITE, hoax, pelajar, media sosial

Abstract

Permasalahan prioritas yang dihadapi mitra ialah dari adanya kasus-kasus penyebaran berita bohong yang banyak terjadi, dikarenakan adanya ketidaktahuan masyarakat termasuk kalangan pelajar tentang pengaturan-pengatuan yang ada dalam UU ITE, baik bentuk maupun jenis sanksi pidana. Untuk itu perlu untuk mengadakan kegiatan sosialisasi berupa pendidikan UU ITE dalam bermedia sosial dikalangan pelajar di Blitar. Dari adanya kegiatan ini diharapkan pengetahuan pelajar mengenai UU ITE lebih bertambah dan lebih pintar dalam bermedia sosial. Metode yang dilakukan pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dalam 3 tahapana yaitu Sosialisasi rencana kegaitan kepada mitra, Tahap persiapan, Tahap Pelaksanaan kegiatan webinar dan Evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyaarakat ini berjalan lancar dan para peserta merasa bahwasanya kegiatan webinar ini sangat bermanfaat bagi kalangan bagi kalangan pelajar yang aktif menggunakan media sosail untuk lebih berhati-hati akan hukum yang berlaku.

References

Juditha, C. (2018). Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation (Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya). Pekommas, 3(1), 261723.

Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial terhadap perilaku reaktif sebagai pelaku maupun sebagai korban cyberbullying pada siswa kristen SMP Nasional Makassar. Jurnal Jaffray, 14(1), 43-62.

Pasaribu, A. S. (2021). Analisis Putusan Pidana Terhadap Penyebaran Berita Bohong Yang Menimbulkan Kegaduhan Melalui Media Sosial (Putusan Nomor 203/Pid. Sus/2019/Pn. Jkt. Sel) (Doctoral dissertation, UMSU).

Rosmidah, R., Hosen, M., & Monita, Y. (2021, January). Sosialisasi literasi cerdas bermedia sosial pada pelajar SMP negeri di kota Sungai Penuh. In Proseding Seminar Nasional Universitas Bangka Belitung (Vol. 1, No. 2, pp. 308-322). Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung.

Sebayang, A., Prabowo, A. D., Annurdi, A., & Dawi, K. (2021). Sosialisasi etika dan aspek hukum pemanfaatan media sosial pada kalangan remaja siswa di SMK Negeri 3 Pontianak. MAREN: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 123-137.

Sidkiah, B. (2020). Informasi Hoax Dan Perilaku Pengguna Media Sosial Perspektif Netizen (Doctoral dissertation, Iain Jember).

Downloads

Published

2022-09-09