Manajemen Penyaluran dan Penyeragaman Kantong Plastik Zakat Fitrah pada Amil Zakat Mushola Al Firdaus Rejotangan

Authors

  • Sri Widoretno Teknik Elektro, Universitas Islam Balitar
  • Mukhlison M Teknik Elektro, Universitas Islam Balitar
  • Mohammad Khoirur Roziqin Teknik Elektro, Universitas Islam Balitar

Keywords:

zakat fitrah, amil zakat, penyaluran, penyeragaman

Abstract

Amil Zakat Mushola Al Firdaus Rejotangan merupakan salah satu lembaga zakat tingkat desa yang telah mengimplementasikan pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah sebagai agenda tahunan. Tidak seragamnya kemasan plastik zakat fitrah seringkali menimbulkan prasangka buruk di kalangan masyarakat karena kemasan yang berbeda dan menyebabkan suasana Ramadhan kurang berkesan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya penyeragaman kantong plastik zakat fitrah di Amil Zakat Mushola Al Firdaus Rejotangan. Terdapat beberapa tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini, yaitu: 1) Tahap persiapan; 2) Pendistribusian. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pembagian penyaluran dan penyeragaman kantong plastik zakat fitrah pada amil zakat memudahkan Amil Zakat untuk mendistribusikan zakat fitrah, apalagi dengan penyeagaman plastic kemasan menimbulkan kesan yang menarik dan bagus bagi para penerima zakat fitrah.

References

Anis, M. (2020). Zakat Solusi Pemberdayaan Masyarakat. El-Iqthisady: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum, 2(1 Juni), 42-53.

Anwar, M. S. (2020). Implementasi Prinsip Good Amil Governance Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Chintya, A., & Wahyuni, E. T. (2017). Pembagian Zakat Fitrah Kepada Mustahiq: Studi Komparatif Ketentuan Ashnaf Menurut Imam Syafi’i dan Imam Malik. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(2), 154-167.

Hani, U. (2015). Analisis tentang Penyamarataan Pembagian Zakat Kepada Asnaf Zakat Menurut Pendapat Imam Syafi’I. Al-Iqtishadiyah: Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah (E-Journal) Volume, 2, 21-45.

Mubarok, A., & Fanani, B. (2014). Penghimpunan dana zakat nasional (Potensi, realisasi dan peran penting organisasi pengelola zakat). Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, 5(2).

Uzaifah, U. (2010). Manajemen Zakat Pasca Kebijakan Pemerintah Tentang Zakat Sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak. La_Riba, 4(1), 47-70.

Zulhendra, J. (2017). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Zakat Fitrah Dalam Bentuk Uang. Normative Jurnal Ilmiah Hukum, 5(2 November), 94-105.

Downloads

Published

2022-09-09