Pengenalan Pasar Modal sebagai Stimulus Investasi bagi Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Uki Yonda Asepta Program Studi Manajemen, Universitas Ma Chung
  • Dian Wijayanti Program Studi Akuntansi, Universitas Ma Chung
  • Sahala Manalu Program Studi Manajemen, Universitas Ma Chung

Keywords:

pasar modal, investasi

Abstract

Kegiatan pengenalan pasar modal di lingkungan Sekolah Menengah Atas dilakukan karena materi pasar modal dinilai penting bagi siswa untuk membentuk pemahaman dan diharapkan besar potensinya menjadi investor di masa datang. Materi diberikan secara daring dengan menggunakan media zoom meeting, yang dibagi dalam 2 (dua) sesi pelatihan. Penyelenggaraan pelatihan pengenalan pasar modal siswa SMA Kristen Charis diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus 2021 secara daring. Jumlah peserta secara total adalah 71 orang dari kedua kelas dan 1 (satu) guru pendamping yang juga merupakan guru mata pelajaran Ekonomi. Sebelum dilaksanakan pelatihan peserta diminta untuk mengisi angket yang berisi pertanyaan tentang pengetahuan dasar pasar modal. Hasil pre dan post-test ini kemudian akan dibandingkan untuk melihat apakah ada kenaikan rata-rata skor yang diperoleh siswa. Materi pertama yang disampaikan oleh pemateri akademisi adalah pengenalan Pasar Modal Indonesia yang terdiri atas materi konsep investasi pribadi dan perusahaan, Undang-undang yang menaungi Pasar Modal Indonesia, lembaga yang memonitor pelaksanaan Pasar Modal yaitu Otoritas Jasa Keuangan, fungsi Pasar Modal, produk dan mekanisme transaksi di Pasar Modal. Materi kedua adalah tentang praktik transaksi di pasar modal dengan menggunakan website transaksi daring yang dikelola oleh PT BRI Danareksa. Rata-rata skor yang diperoleh siswa untuk pre test adalah 4,34 dari skor 100. Sedangkan rata-rata skor post test adalah 68,10 dari skor 100 sehingga dapat disimpulkan materi telah diterima dengan baik oleh siswa.

Downloads

Published

2022-09-09