Edukasi dan Deteksi Dini Gastritis pada Kelompok Masyarakat Pilang Gresik Kedamean Gresik

Authors

  • Adinugraha Amarullah DIII Farmasi Universitas Anwar Medika
  • Herni Setyawati DIII Farmasi Universitas Anwar Medika
  • Agustinus Alfred Seran DIII Farmasi Universitas Anwar Medika

Keywords:

gastritis, gejala, obat

Abstract

Gastritis adalah peradangan atau perdarahan pada mukosa lambung dan dapat bersifat akut, kronis, dan terlokalisir dimana peradangan gastritis dapat menyebabkan pembengkakan lambung sehingga dapat memicu terjadinya inflamasi. Penyakit ini sangat umum dialami oleh masyarakat baik remaja maupun dewasa. Penanganan gastritis yang dilakukan dengan tidak baik akan menimbulkan efek yang cukup berbahaya dimana hal tersebut dapat menimbulkan komplikasi yang cukup serius. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membekali masyarakat Dusun Pilanggresik Desa Kedamean Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik pengetahuan dan keterampilan tentang gastritis, penyebab, gejala dan penggunaan obat gastritis yang benar. Kegiatan dilakukan secara terjun langsung dilapangan (luring) dengan menggunakan metode pemaparan materi menggunakan power point dengan parameter pengukuran sebelum dan sesudah tes diberikan sebelum dan sesudah materi untuk melihat seberapa jauh pemahaman yang diterima setelah kami memaparkan materi. Materi penyuluhan yang diberikan meliputi pengertian gastritis, penyebab gastritis, gejala gastritis, pencegahan gastritis, serta penggunaan dan penyimpanan obat gastritis yang tepat.

References

Bakti, I., Dewi, E. A. S., Romli, R., dan Budiana, H. R. 2015. Analisis Faktor Personal pada Sumber Komunikasi dalam Pengelolaan Tanaman Obat Keluarga di Jawa Barat. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(2), 7

Budiana. 2006 Gambaran tentang pengetahuan klien tentang gastritis: (on-line). Javanews

Dewit, Susan. C., Stromberg , Holly , Dallred, Carol. 2016. Medical Surgical Nursing: Concept and Practice. Philadelphia: Elsevier

Febriansah, R. 2017. Pemberdayaan Kelompok Tanaman Obat Keluarga Menuju Keluarga Sehat di Desa Sumberadi, Mati, Sleman. Jurnal Berdikari. Vol 5 (2)

Gomez-Mejja, Luis. R.and David B. Cardy 2012. Managing Human Resources, New Jersey: Pearson Education inc Publishing as Prentice Hall.

Guan, W. et al. (2020) “Clinical characteristics of coronavirus disease 2019 in China,” New England Journal of Medicine, 382(18), hal. 1708–1720. doi: 10.1056/NEJMoa2002032.

Hirlan. (2001). Gatritis Dalam Ilmu Penyakit Dalam Jilid 2 Edisi III. Jakarta: FKUI

Hardi, K. & Huda A.N (2015). Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis dan Nanda Nic-Noc (2nd ed). Yogyakarta: Mediaction.

Mustakim (2009).Mengenal Penyakit Organ Cerna. Jakarta: Pustaka Populer Obor (Dalam Skripsi Aprianto Tabah,2009)

Priyanto. 2009. Farmakoterapi dan Terminologi Medis. Leskonfi, Depok

Soraya, 2011, Indonesia Dikenal Sebagai Gudangnya Tanaman Obat. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/30188/5/Chapter%20I.pdf, Diakses tanggal 11 Februari 2020.

Savitri, A., 2016, Tanaman Ajaib Basmi Penyakit dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Mengenali Ragam dan Khasiat TOGA Meramu Jamu Tradisional/ Herbal dengan TOGA, Bibit Publisher, Depok.

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19) Sebuah tinjauan literature. Wellness and Healthy Magazine. Vol 2, No 1.

Downloads

Published

2022-09-09