Pengurangan Resiko Penyebaran Covid-19 pada Jamaah Sholat Jumat di Masjid Kota Blitar Melalui Program Masker Gratis

Authors

  • Diana Elvianita Martanti Akuntansi, Universitas Islam Balitar
  • Ahmad Yufron Teknik Sipil, Universitas Islam Balitar
  • Suprianto Suprianto Manajemen, Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.33479/senampengmas.2021.1.1.106-111

Keywords:

Jamaah Sholat Jumat, Masjid, Masker Gratis

Abstract

Di wilayah Blitar terdapat beberapa masjid yang masih aktif melaksanakan kegiatan sholat berjamaah meskipun sedikit terganggu karena adanya pandemi. Pemerintah Kota Blitar memperbolehkan adanya kegiatan sholat berjamaah di Masjid akan tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di Masjid Kota Blitar. Metode kegiatan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan adalah terlaksananya kegiatan sosialisasi pencegahan penularan covid-19 di Masjid Kota Blitar dan pemberian masker gratis sebanyak 100 buah kepada jamaah sholat jumat terutama bagi yang jamaah yang tidak menggunakan masker agar kedepannya ketika akan melakukan kegiatan baik kegiatan ibadah maupun lainnya dapat menggunakan masker.

References

Armiani, S., Fajri, S. R., Sukri, A., & Pidiawati, B. Y. (2020). Pelatihan pembuatan masker sebagai upaya antisipasi penyebaran covid-19 di Desa Anyar Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1).

ECDC. (2020). Using face masks in the community Reducing COVID-19 transmission from potentially asymptomatic or pre-symptomatic people through the use of face masks. April, 1–6.

Kemenkes RI (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Diseases (COVID-19). Direktorat Jenderal Pecegahan dan Pengendalian Penyakit. KMK No. HK. 01.07-MENKES413-2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID19.

Kharisma, A., Achaddani, A. C., Ardelia, D., & Dika, E. S. Partisipasi Mahasiswa Kkn Bmc Unnes 2020 Dalam Pencegahan Covid-19 Melalui Pembagian Masker Di Lingkungan Masyarakat.

Machendrawaty, N., Yuliani, Y., Setiawan, A. I., & Yuningsih, Y. (2020). Optimalisasi fungsi mesjid di tengah pandemic Covid 19: Telaah syar'i, regulasi dan aplikasi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Yuliana (2020). Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine Vol.2 No. 1.

Downloads

Published

2021-10-29