Pendampingan Pelatihan Speakerpreneur dan MC

Authors

  • Andiwi Meifilina Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Balitar
  • Bina Andari Ilmu Administrasi Niaga, Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.33479/senampengmas.2021.1.1.98-105

Keywords:

MC, Speakerpreneur, Santri, Ponpes

Abstract

Kemampuan intelektual seseorang tidak bisa menjamin kesuksesan seseorang tersebut, namun bagaimana mereka bisa “menjual” diri mereka kepada publik. Kemampuan “menjual” ini tidak hanya tergantung pada cara berkomunikasi di depan publik tetapi juga bagaimana seseorang bisa membawa diri mereka agar bisa diterima oleh publiknya. Berangkat dari hal tersebut tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan tentang tata cara menjadi MC yang handal yang mampu menjual bakat MC nya baik untuk acara hiburan maupun formal. Kegiatan ini diharapkan akan dijadikan pemicu semangat santri untuk mau belajar dan berlatih mempersiapkan dirinya tampil di acara pondok pesantren bahkan di masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dipandang cukup berhasil menambah keberanian dan percaya diri santri-santri Pondok Pesantren Tarbiyatus Sholihin ketika tampil MC di acara-acara pondok maupun acara di luar kegiatan pondok, pasalnya terdapat banyak peningkatan yang terjadi pada mereka.

References

Darmuki, A., Sholehuddin, M., Hidayati, N. A., & Sutrimah, S. (2019). Pelatihan MC dan Protokoler Menggunakan Metode Drill Practice dengan Media Audio Visual pada Pemuda Karang Taruna. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 37-46.

Hutomo, A. (2019). Pengaruh Pelatihan Teknik Announcing Terhadap Peningkatan Kualitas Pemandu Acara (MC) Bagi Remaja Kampung Cerdas. Jurnal Komunikasi, 10(1), 83-88.

Kasanova, R., & Zuhri, M. D. (2018). Pelatihan Keterampilan Master Of Ceremony Bagi Kelompok Remaja Masjid Al-Istikmal Pademawu Sebagai Peluang Usaha di Bidang Jasa. LOYALITAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 157-167.

Pramujiono, A., Suhari, S. H., Rachmadtullah, R., Indrayanti, T., & Setiawan, B. (2020). Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karater, Dan Pembelajaran Yang Humanis. Indocamp.

Putra, T. P. (2020). MC Pelatihan Soft Skill Bagi Mahasiswa ISI Yogyakarta.

Sulastriana, E., Hartati, M., & Yuda, R. K. (2018). Pelatihan Memandu Acara pada Siswa SMP Pancasila Sungai Kakap. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 1-11.

Downloads

Published

2021-10-29