Pembuatan Sabun Menggunakan Minyak Jelantah Guna Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Authors

  • Mukhlison Mukhlison Teknik Elektro, Universitas Islam Balitar
  • Rochmat Khudlori Ilmu Administrasi Negara, Universitas Islam Balitar
  • Dedy Setyawan Teknik Elektro, Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.33479/senampengmas.2021.1.1.89-97

Keywords:

Pembuatan Sabun, Minyak Jelantah, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Limbah minyak goreng yang langsung dibuang secara sembarangan ke lingkungan akan menyebabkan pencemaran lingkungan, menjadikan lingkungan kotor dan menjadi bahan pencemar bagi air dan tanah. Untuk mengatasi masalah terkait meningkatnya volume limbah minyak goreng yang tinggi, dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah bagi limbah minyak jelantah dengan cara mengolah minyak jelantah tersebut menjadi sabun. Pelatihan mengenai pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun yang ekonomis dan ramah lingkungan sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di desa Blimbing. Pelatihan pembuatan sabun menggunakan minyak jelantah guna mengurangi pencemaran lingkungan sangat mudah dilakukan dengan alat dan bahan yang tersedia di rumah tangga. Selain itu, volume minyak jelantah yang terdapat di Desa Blimbing juga mendukung produksi pembuatan sabun sehingga peserta dapat dengan mudah mengaplikasikan keterampilan yang mereka dapat untuk diterapkan di rumah

References

Anastasia, F. (2018). Gambaran Perilaku Ibu Rumah Tangga terhadap Penggunaan Minyak Goreng Berulang Kali di Desa Serbelawan Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun Tahun 2017.

Hanjarvelianti, S., & Kurniasih, D. (2020). Pemanfaatan Minyak Jelantah dan Sosialisasi Pembuatan Sabun Dari Minyak Jelantah Pada Masyarakat Desa Sungai Limau Kecamatan Sungai Kunyit-Mempawah. BULETIN AL-RIBAATH, 17(1), 26-30.

Hanum, Y. (2016). Dampak bahaya makanan gorengan bagi jantung. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 14(2).

Haryono, H., Sirin Fairus, S. F., Yavita Sari, Y. S., & Ika Rakhmawati, I. R. (2010). Pengolahan Minyak Goreng Kelapa Sawit Bekas menjadi Biodiesel Studi Kasus: Minyak Goreng Bekas dari KFC Dago Bandung. Pengolahan Minyak Goreng Kelapa Sawit Bekas menjadi Biodiesel Studi Kasus: Minyak Goreng Bekas dari KFC Dago Bandung.

Ketaren, S. (1986). Minyak dan Lemak Pangan. Penerbit UI Press. Jakarta. Lestari, P. P., 2010. Pemanfaatan Minyak Goreng Jelantah pada Pembuatan Sabun Cuci Piring Cair. Medan: Thesis diajukan pada Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Mardiana, S., Mulyasih, R., Tamara, R., & Sururi, A. (2020). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Minyak Jelantah Dengan Ekstrak Jeruk Dalam Perspektif Komunikasi Lingkungan Di Kelurahan Kaligandu. Jurnal SOLMA, 9(1), 92-101.

Downloads

Published

2021-10-29