Kepercayaan Diri Siswa dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Authors

  • Adhityo Kuncoro Program Studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Fajar Erlangga Program Studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Randi Ramliyana Program Studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33479/senampengmas.2021.1.1.294-305

Keywords:

kepercayaan diri, bahasa Inggris, siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa serta pengaruhnya terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka. Penelitian yang menggunakan metode survey ini dilaksanan di Universitas Indraprasta PGRI, dengan 40 responden yang dipilih secara acak dari dua kelas berbeda dari tiga kelas mahasiswa semester dua yang ada. Penelitian ini menggunakan tes tertulis untuk memperoleh data. Data tersebut kemudian diproses menggunakan program SPSS 2.0 dan dianalisis menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa, terlihat dari nilai sig=0,000 (nilai sig<0,05) dan thitung = 4,882 (thitung lebih besar dari ttabel= 1,69). Kesimpulannya, hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kepercayaan diri siswa memiliki pengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris.

References

Aprilia. 2019. Pengaruh Persepsi Siswa Dan Kepercayaan Diri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Sekretari dan Manajemen Widya Cipta, Vol. 3 No. 1 Maret 2019.

Baharudin, & Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriani, Dea Aries., Apriliaswati, Rahayu., Wardah. 2015. A Study on Student’s English Speaking Problems In Speaking Performance. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 4. No.9.

Hotmaria. 2021. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step Interview. Journal of Education Action Research,Vol 5, Number 1, Tahun Terbit 2021, pp. 1-9.

Komara, I. B. 2016. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474.

Mardatillah. (2010). Pengembangan Diri. STIE Balikpapan: Madani.

Saputra, D. S. 2017. Interactive Learning Dalam Pembelajaran Speaking Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.411

Yulianto, Valentia. 2021. Pengaruh Efikasi Diri, Percaya Diri dan Persepsi Penggunaan Media Presentasi terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Siswa Kelas 3 SD XYZ. Jurnal Teropong Pendidikan. Volume 1, Edisi 1, Januari 2021, 62-72

Downloads

Published

2021-10-30