STRATEGI FOMO (FEAR OF MISSING OUT) SAAT FLASH SALE DALAM IMPULSE BUYING PADA E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Kevin Gasy Sutanto Universitas Ma Chung
  • Santi Widyaningrum Universitas Ma Chung
  • Hartomy Akbar Basory Universitas Ma Chung

Keywords:

FOMO, Flash Sale, Impulse Buying, Shopee

Abstract

Latar belakang studi ini berangkat dari bagaimana persepsi, motivasi, dan reaksi emosional konsumen yang terbentuk dari fenomena Fear Of Missing Out (FOMO) saat program Flash Sale yang diterapkan untuk mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Maka dari itu, studi ini bertujuan untuk menguji bagaimana strategi Fear Of Missing Out, (FOMO)dalam impulse buying pada e-commerce Shopee dapat memengaruhi kebiasaan dalam perilaku pembelian pelanggan. Obyek dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen pengguna aplikasi e-commerce Shopee yang mengalami fenomena impulse buying akibat terpapar strategi Fear of Missing Out (FOMO) saat mengikuti program Flash Sale yang ditawarkan oleh platform tersebut. Metode studi literatur, ditunjang dengan analisis deskriptif kualitatif, digunakan untuk mempelajari fenomena ini, yang berfokus pada dampak strategi Fear Of Missing Out pada kondisi mental dan perilaku berbelanja konsumen di Shopee. Studi ini juga memungkinkan untuk mengeksplorasi bagaimana faktor -faktor seperti keterbatasan waktu, ketersediaan stok, dan tekanan sosial dapat menciptakan rasa urgensi, sehingga dapat mempengaruhi pembelian impulsif oleh konsumen. Hasil dan kesimpulan studi menemukan bahwa menggunakan strategi FOMO secara konsisten dapat menyebabkan peningkatan keinginan konsumen untuk membeli barang secara spontan, tanpa adanya keputusan. Hal ini dapat menciptakan gejolak psikologis pada konsumen untuk keberlanjutan. Studi ini diharapkan dapat membantu mengembangkan strategi pemasaran digital yang lebih baik yang dapat beradaptasi dengan kebiasaan konsumen dan bagaimana konsumen menyikapinya.

Downloads

Published

2025-10-10