Strategi Green Collaboration Dalam Green Innovation Untuk Membangun Brand Trust di Tengah Fenomena Greenwashing
Abstract
Meningkatnya praktik greenwashing di dunia telah menimbulkan skeptisisme terhadap klaim keberlanjutan yang disampaikan perusahaan, sehingga melemahkan brand trust meskipun strategi ramah lingkungan telah diterapkan. Di Tiongkok, greenwashing juga menjadi perhatian serius seiring upaya negara ini menghadapi persoalan lingkungan sebagai ekonomi terbesar kedua dunia. Konsumen semakin kesulitan membedakan antara komitmen nyata dan strategi manipulatif, yang pada akhirnya berdampak negatif terhadap loyalitas dan persepsi terhadap merek. Masalah ini memperlihatkan perlunya pendekatan strategis yang mampu memperkuat kepercayaan konsumen secara berkelanjutan. Studi pembelajaran ini akan membahas tentang strategi green collaboration dalam green innovation untuk membangun brand trust di tengah fenomena greenwashing di dunia secara khusus dengan studi kasus di Tiongkok. Green collaboration dan green innovation dipandang sebagai dua strategi yang berpotensi saling melengkapi dalam menciptakan nilai keberlanjutan yang kredibel. Kolaborasi memungkinkan terjadinya pertukaran sumber daya, pengetahuan, dan teknologi, yang mendukung pengembangan inovasi ramah lingkungan. Dengan metode pelaksanaan studi literatur terhadap jurnal ilmiah, keterkaitan antara kolaborasi dan inovasi dibahas untuk memahami bagaimana keduanya dapat berkontribusi dalam membangun dan mempertahankan brand trust di tengah ancaman greenwashing. Dengan demikian, melalui studi pembelajaran ini, strategi green collaboration dalam green innovation tidak hanya berfungsi sebagai sarana pelaksanaan inovasi, tetapi juga sebagai mekanisme untuk membangun brand trust secara konsisten, yang pada akhirnya menjadi landasan dalam memulihkan dan menjaga brand trust di tengah krisis kepercayaan akibat praktik greenwashing. Pemahaman dari studi pembelajaran ini diharapkan mampu menjadi dasar bagi pengembangan strategi yang dapat membangun kepercayaan melalui bukti dan tindakan nyata.
References
Bernarto, I., Berlianto, M. P., Meilani, Y. F. C. P., Masman, R. R., & Suryawan, I. N. (2020). The influence of brand awareness, brand image, and brand trust on brand loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412-426.
Boncinelli, F., Gerini, F., Piracci, G., Bellia, R., & Casini, L. (2023). Effect of executional greenwashing on market share of food products: An empirical study on green-coloured packaging. Journal of Cleaner Production, 391, 136258.
Cheng, W., Li, Q., Wu, Q., Ye, F., & Jiang, Y. (2024). Digital capability and green innovation: The perspective of green supply chain collaboration and top management's environmental awareness. Heliyon, 10(11).
Darmawan, E., Radianto, W. E. D., Kaihatu, T. S., & Utami, C. W. (2025). REVEALING THE IMPORTANCE OF GREEN COLLABORATION IN GREEN INNOVATION: ENTREPRENEURIAL MARKETING PERSPECTIVE. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 27(1), 1-10.
Guerreiro, J., & Pacheco, M. (2021). How green trust, consumer brand engagement and green word-of-mouth mediate purchasing intentions. Sustainability, 13(14), 7877.
Ha, M. T. (2022). Greenwash and green brand equity: The mediating role of green brand image, green satisfaction, and green trust, and the moderating role of green concern. Plos One, 17(11), e0277421.
Li, G., & Sun, X. (2022). The impact of green brand crises on green brand trust: An empirical study. Sustainability, 14(2), 611.
Melander, L., & Arvidsson, A. (2022). Green innovation networks: A research agenda. Journal of Cleaner Production, 357, 131926.
Nemes, N., Scanlan, S. J., Smith, P., Smith, T., Aronczyk, M., Hill, S., ... & Stabinsky, D. (2022). An integrated framework to assess greenwashing. Sustainability, 14(8), 4431.
Pimonenko, T., Bilan, Y., Horák, J., Starchenko, L., & Gajda, W. (2020). Green brand of companies and greenwashing under sustainable development goals. Sustainability, 12(4), 1679.
Rashid, H., & Ahmad, W. (2023). Green Washing and Brand Crises: Modelling Consumer Trust Repair. Pakistan Journal of Humanities and Social Sciences, 11(2), 2011-2023.
Simanjuntak, L. N., Kurniawati, L., & Wadyatenti, M. A. D. V. (2024, September). Pengaruh Greenwash terhadap Green Purchase Intention yang Dimediasi oleh Green Trust dan Green Skepticism: Studi pada Konsumen Galon Sekali Pakai Le Minerale di Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (Vol. 4, pp. 25-37).
Supanchanaburee, P., Wong, C. Y., & Boon-itt, S. (2020). Green Supply Chain Collaboration: A Systematic Literature Review and Bibliometric Analysis. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol, 9(5), 154.
Wu, L., & Liu, Z. (2022). The influence of green marketing on brand trust: The mediation role of brand image and the moderation effect of greenwash. Discrete Dynamics in Nature and Society, 2022(1), 6392172.
Xie, X., & Wang, M. (2025). Firms’ digital capabilities and green collaborative innovation: The role of green relationship learning. Journal of Innovation & Knowledge, 10(2), 100663.
Xing, C., Zhang, X., Zhang, Y., & Zhang, L. (2024). From green-washing to innovation-washing: Environmental information intangibility and corporate green innovation in China. International Review of Economics & Finance, 93, 204-226.
Zhang, J., Taqi, S. A., Akbar, A., Darwish, J. A., Abbas, S., Alam, S., ... & Butt, N. S. (2024). Green Innovation in Business: A Comprehensive Bibliometric Analysis of Trends, Contributors, and Future Directions. Sustainability, 16(24), 10956.