Dampak E Service Quality pada Kepuasan, Loyalitas dan Minat Beli Konsumen E Wallet.

Authors

  • Steven Yuan Saputra Program Studi Manajemen Univeritas Ma Chung
  • Joshua Program Studi Manajemen Univeritas Ma Chung
  • Catharina Program Studi Manajemen Univeritas Ma Chung

Keywords:

kualitas e-service, e-wallet, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, minat beli, Indonesia.

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam sistem pembayaran di Indonesia, salah satunya melalui penggunaan dompet digital e-wallet. Dengan meningkatnya persaingan di antara penyedia layanan e-wallet seperti GoPay, OVO, DANA, ShopeePay, dan LinkAja, setiap platform harus mengoptimalkan kualitas layanan elektronik e-service agar menjaga loyalitas dan kepuasan pelanggan. Riset ini akan mengkaji lebih dalam tentang beberapa faktor kualitas layanan yang ada pada elektronik seperti efisiensi, pemenuhan, kelengkapan sistem, privasi, loyalitas, dan keinginan beli pelanggan e-wallet di Indonesia. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada 200 responden pengguna aktif e-wallet. Data dianalisis menggunakan model struktural berbasis Partial Least Square (PLS) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil riset menunjukkan bahwa variabel efisiensi dan ketersediaan system sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, sedangkan dimensi privasi dan pemenuhan tidak memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan pengguna. Selain itu, kepuasan terbukti menjadi mediasi penting dalam membangun loyalitas dan meningkatkan minat beli ulang terhadap layanan e-wallet. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa perusahaan penyedia e-wallet perlu memberikan perhatian serius pada aspek teknis dan keamanan, karena kedua hal tersebut menjadi faktor utama yang memengaruhi persepsi dan keputusan konsumen. Penelitian ini juga memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan bentuk hubungan antara kualitas e-service, kepuasan, loyalitas, dan minat beli di ranah pelayanan keuangan digital. Para penyedia layanan harus dapat menguasai faktir-faktor ini agar dapat mempertahankan pelanggan dan meiningkatkan kredibelitasnya di era pasar digital.

References

Agustin, A., & Kusnanto, D. (2023, Januari). Pengaruh E-Service Quality dan Promosi Penjualan terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital LinkAja pada Followers Instagram @linkaja. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 66-75. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.7563663

Amelia, N., & Tiarawati, M. (2023). Pengaruh E- Service quiality dan Persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan E-wallet dana . Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 7(12), 76-87. Retrieved from nia.18085@mhs.unesa.ac.id

Ayuni, Amanda, S. N., & Yusuf, A. (2021, Desember). "Pengaruh E-Service Quality dan Brand Image terhadap Continuance Usage Intention platform dana dompet Digital oleh generasi Y dan Z. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia., 20(3), 196-211.

Deviani , W. A., Kusumahadi, K., & Nurhazizah, E. (2022). Service Quality for Digital Wallet in Indonesia Using Sentiment Analysis and Topic Modelling. International Journal of Business and Technology Management, 4(1), 46-58. doi:https://doi.org/10.55057/ijbtm.2022.4.1.6

Dewi, N. P., & Ramli, A. H. (2023). E-Service Quality, E-Trust dan E-Customer Satisfaction Pada E-Customer Loyalty Dari Penggunaan E-Wallet OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 321-338. doi:10.37641/jimkes.v11i2.2000

Efdison, Z., Lova, A. N., Yelnim, & Liantifa, M. (2020). The Influence of E-Service Quality on E-Customer Loyalty Through E-Satisfaction as a mediator in Indonesian E-Walllet. Jurnal Program Studi Manajemen, 12(1), 429-437.

Griffin. (2005). Customer Loyalty.

Indriyanto, B. N., & Sukresna, I. (2025, April). The Effect of Perceived Tariff and E-Service Quality on Interest in Reuse through E-Wallet Ovo User Satisfaction in Semarang City. International Journal of Engineering Business and Social Science, 3(4), 1-8. Retrieved from https://ijebss.ph/index.php/ijebss

Jonathan, H. (2013, September ). Analisis Pengaruh E-service Quality terhadap customer satisfaction yang berdampak pada customer loyalty PT .Bayu Buana Travel Tbk. Journal The Winners, 14(2), 104-112. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/318985981_Analisis_Pengaruh_E-Service_Quality_terhadap_Customer_Satisfaction_yang_Berdampak_pada_Customer_Loyalty_PT_Bayu_Buana_Travel_Tbk

Julia, H., Saufi, A., & Sakti, D. P. (2024, June 6). The Effect of Customer Trust and E-Service Quality on E-Wallet Application Reuse Intentions Mediated by Customer Satisfaction: A Comparative Study on Master of Management Students in Indonesia and Malaysia. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 7(6), 3752-3762. doi:10.47191/jefms/v7-i6-65, Impact Factor: 8.044

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management . Pearson Education, 89-120.

Kumbara, V. B., Limakrisna, N., Yulasmi, Lusiana, & Ridwan, M. (2023). The Influence of E-Trust and E- Service Quality on E-Customer Loyalty for Dana Digital Wallet user

Downloads

Published

2025-10-10