ANALISIS PENGARUH PRODUCT PLACEMENT, BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, DAN PRICE TERHADAP PURCHASE INTENTION PERMEN KOPIKO PADA PENONTON DRAMA KOREA MY DEMON DI BANYUMAS

Authors

  • Hidayah Nathanael Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Keywords:

Product Placement, Brand Awareness, Brand Image, Price, Purchase intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Analisis pengaruh product placement, brand awareness,
brand image dan price terhadap purchase intention permen Kopiko pada penonton drama Korea My Demon di
Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah penonton drama Korea My Demon di Banyumas. Metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Teknik dalam pengambilan sampel
menggunakan teknik non-probability sampling dan menggunakan metode snowball sampling. Penelitian ini
mengambil sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda
dengan bantuan statistic SPSS 22. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) product
placement berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap purchase intention permen Kopiko pada penonton
drama Korea My Demon di Banyumas, maka hipotesis ditolak (2) brand awareness berpengaruh positif dan
signifkan terhadap purchase intention permen Kopiko pada penonton drama Korea My Demon di Banyumas,
maka hipotesis diterima (3) brand image berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap terhadap purchase
intention permen Kopiko pada penonton drama Korea My Demon di Banyumas, maka hipotesis ditolak (4)
price berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention permen Kopiko pada penonton drama
Korea My Demon di Banyumas, maka hipotesis diterima

References

Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review

Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan

Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313.

https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and promotion: An integrated marketing

communications perspective. mcgraw-hill.

Christhoper P., P. G., & Christian, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi

Terhadap Minat Beli Makanan Tradisional Di Mey’S Kitchen. Performa, 7(1), 104–

https://doi.org/10.37715/jp.v7i1.1995

Fernos, J., & Ayadi, A. S. (2023). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen

pada toko donat madu lapai. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu …, 3, 593–604.

https://www.valuasi.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/208%0Ahttps://

www.valuasi.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/download/208/152

García-Salirrosas, E. E., Escobar-Farfán, M., Veas-González, I., Esponda-Perez, J. A.,

Gallardo-Canales, R., Ruiz-Andia, R., Fernandez-Daza, V. M., & Zabalaga-Davila, R.

F. (2024). Purchase Intention of Healthy Foods: The Determinant Role of Brand Image

in the Market of a Developing Country. Foods, 13(20), 3242.

https://doi.org/10.3390/foods13203242

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh social media marketing, brand awareness

terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada J.

Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152–159.

Lane Keller, K., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management: Building,

Measuring, and Managing Brand Equity, 5th edition, Pearson Education Limited, ISBN

-0-13-489249-8. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and

Managing Brand Equity, 5th Edition, Pearson Education Limited, 2031(2021), 114–

https://journals.sjp.ac.lk/index.php/ajmm/article/view/6472

Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada Pt.

Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73–91.

https://doi.org/10.32815/jubis.v3i1.1089

Millenia, D. P., Siregar, W. S., & Fitri, N. (2021). Analisis pengaruh brand awareness , brand

ISSN: 2808-2826 online Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat

pp. 00-00, 2024

image dan product placement terhadap minat beli konsumen kopiko dalam drama korea

vincenzo. Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed, 2(1), 580–588.

https://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/view/648

Rohma, A, F, N., Arifin, R., & Arsyianto, M. T. (2022). Pengaruh Product Placement, Brand

Awareness, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Scarlett (Studi Kasus Pada

Drama Korea Today’s Webtoon Dikalangan Mahasiswa S1 Unisma). E – Jurnal Riset

Manajemen, 12(02), 401–408.

Saragih, M. H. S., Sulaiman, V. K., Shani, H., & Holando, S. (2024). Celebrity Endorser and

Brand Image McDonald’s: Impact of Collaboration McDonald’s with BTS in

Indonesia. Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal

(BECOSS), 6(1), 23–28. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v6i1.10837

Sari, S., Syamsuddin, S., & Syahrul, S. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya

Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business

Administration (JBA), 1(1), 37. https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678

Sugara, R. P., & Tobing, R. (2023). Pengaruh Product Placement Dalam Drakor Little

Women Dan Product Quality Terhadap Purchase Intention. Jurnal Riset Rumpun Ilmu

Ekonomi, 2(2), 36–48. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1946

Sugiyono. (2017). Metode Penenlitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. 334.

Thejaya, I. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli

Pada Manna Kopi. Performa, 4(3), 468–478. https://doi.org/10.37715/jp.v4i3.1660

Wibasuri, A., & Susanti, N. (2023). Pengaruh Brand Awarness Dan Cita Rasa Terhadap

Minat Beli Penjualan Bakso Lapangan Tembak Mall Boemi Kedaton Lampung. Institut

Informatika Dan Bisnis Darmajaya, 1, 287–293.

Widiyanti, D., & Sukardani, P. S. (2022). Product Placement Permen Kopiko pada Drama

Korea “Vicenzo” terhadap Minat Beli Konsumen Indonesia. Commercium, 05(02), 94–

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/47062/39399

Downloads

Published

2025-10-09