ANALISIS PENGARUH PRODUCT PLACEMENT, BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, DAN PRICE TERHADAP PURCHASE INTENTION PERMEN KOPIKO PADA PENONTON DRAMA KOREA MY DEMON DI BANYUMAS
Keywords:
Product Placement, Brand Awareness, Brand Image, Price, Purchase intentionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Analisis pengaruh product placement, brand awareness,
brand image dan price terhadap purchase intention permen Kopiko pada penonton drama Korea My Demon di
Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah penonton drama Korea My Demon di Banyumas. Metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Teknik dalam pengambilan sampel
menggunakan teknik non-probability sampling dan menggunakan metode snowball sampling. Penelitian ini
mengambil sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda
dengan bantuan statistic SPSS 22. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) product
placement berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap purchase intention permen Kopiko pada penonton
drama Korea My Demon di Banyumas, maka hipotesis ditolak (2) brand awareness berpengaruh positif dan
signifkan terhadap purchase intention permen Kopiko pada penonton drama Korea My Demon di Banyumas,
maka hipotesis diterima (3) brand image berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap terhadap purchase
intention permen Kopiko pada penonton drama Korea My Demon di Banyumas, maka hipotesis ditolak (4)
price berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention permen Kopiko pada penonton drama
Korea My Demon di Banyumas, maka hipotesis diterima
References
Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review
Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan
Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313.
https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and promotion: An integrated marketing
communications perspective. mcgraw-hill.
Christhoper P., P. G., & Christian, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi
Terhadap Minat Beli Makanan Tradisional Di Mey’S Kitchen. Performa, 7(1), 104–
https://doi.org/10.37715/jp.v7i1.1995
Fernos, J., & Ayadi, A. S. (2023). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen
pada toko donat madu lapai. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu …, 3, 593–604.
https://www.valuasi.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/208%0Ahttps://
www.valuasi.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/download/208/152
García-Salirrosas, E. E., Escobar-Farfán, M., Veas-González, I., Esponda-Perez, J. A.,
Gallardo-Canales, R., Ruiz-Andia, R., Fernandez-Daza, V. M., & Zabalaga-Davila, R.
F. (2024). Purchase Intention of Healthy Foods: The Determinant Role of Brand Image
in the Market of a Developing Country. Foods, 13(20), 3242.
https://doi.org/10.3390/foods13203242
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh social media marketing, brand awareness
terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada J.
Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152–159.
Lane Keller, K., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management: Building,
Measuring, and Managing Brand Equity, 5th edition, Pearson Education Limited, ISBN
-0-13-489249-8. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and
Managing Brand Equity, 5th Edition, Pearson Education Limited, 2031(2021), 114–
https://journals.sjp.ac.lk/index.php/ajmm/article/view/6472
Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada Pt.
Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73–91.
https://doi.org/10.32815/jubis.v3i1.1089
Millenia, D. P., Siregar, W. S., & Fitri, N. (2021). Analisis pengaruh brand awareness , brand
ISSN: 2808-2826 online Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat
pp. 00-00, 2024
image dan product placement terhadap minat beli konsumen kopiko dalam drama korea
vincenzo. Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed, 2(1), 580–588.
https://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/view/648
Rohma, A, F, N., Arifin, R., & Arsyianto, M. T. (2022). Pengaruh Product Placement, Brand
Awareness, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Scarlett (Studi Kasus Pada
Drama Korea Today’s Webtoon Dikalangan Mahasiswa S1 Unisma). E – Jurnal Riset
Manajemen, 12(02), 401–408.
Saragih, M. H. S., Sulaiman, V. K., Shani, H., & Holando, S. (2024). Celebrity Endorser and
Brand Image McDonald’s: Impact of Collaboration McDonald’s with BTS in
Indonesia. Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal
(BECOSS), 6(1), 23–28. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v6i1.10837
Sari, S., Syamsuddin, S., & Syahrul, S. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya
Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business
Administration (JBA), 1(1), 37. https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678
Sugara, R. P., & Tobing, R. (2023). Pengaruh Product Placement Dalam Drakor Little
Women Dan Product Quality Terhadap Purchase Intention. Jurnal Riset Rumpun Ilmu
Ekonomi, 2(2), 36–48. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1946
Sugiyono. (2017). Metode Penenlitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. 334.
Thejaya, I. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli
Pada Manna Kopi. Performa, 4(3), 468–478. https://doi.org/10.37715/jp.v4i3.1660
Wibasuri, A., & Susanti, N. (2023). Pengaruh Brand Awarness Dan Cita Rasa Terhadap
Minat Beli Penjualan Bakso Lapangan Tembak Mall Boemi Kedaton Lampung. Institut
Informatika Dan Bisnis Darmajaya, 1, 287–293.
Widiyanti, D., & Sukardani, P. S. (2022). Product Placement Permen Kopiko pada Drama
Korea “Vicenzo” terhadap Minat Beli Konsumen Indonesia. Commercium, 05(02), 94–
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/47062/39399