Pengaruh Electronic Word of Mouth, Persepsi Risiko, Kepercayaan, dan Kemudahan Transaksi Terhadap Niat Beli Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Purwokerto

Authors

  • Apriyani Nur Setiyaningsih Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Setiyaningsih Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Keywords:

E-WOM, Persepsi Risiko, Kepercayaan, Kemudahan Transaksi, Niat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth (E-WOM), persepsi risiko, kepercayaan, dan kemudahan transaksi terhadap niat beli pada pengguna aplikasi Tokopedia di Kota Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengguna aplikasi Tokopedia di Kota Purwokerto. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik yang digunakan yaitu teknik snowball sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Analisis dilakukan dengan bantuan software statistics SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel E-WOM tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Persepsi risiko tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap niat beli. Sedangkan, kepercayaan dan kemudahan transaksi berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli. Penelitian ini menunjukkan bahwa Tokopedia sebaiknya mempertimbangkan aspek penting seperti E-WOM, persepsi risiko, kepercayaan, dan kemudahan transaksi guna mendorong peningkatan niat beli konsumen.

Downloads

Published

2025-10-09