PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION, CUSTOMER TRUST, E-SERVICE QUALITY, DAN E-WOM TERHADAP REPURCHASE INTENTION PENGGUNA TIKTOK SHOP PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO

Authors

  • Sandra Nur Janah Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Janah Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Keywords:

Customer Satisfaction, Customer Trust, E-Service Quality, E-WOM, Repurchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh customer satisfaction, customer trust, e-service quality dan e-wom terhadap repurchase intention pada mahasiswa pengguna Tiktok Shop di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Univeritas Wijayakusuma Purwokerto. Metode pengumpulan data menggunakkan non-probability sampling dan menggunakkan teknik porposive sampling. Dalam penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakkan analisis regresi linier berganda dengan bantuan statistik SPSS 27. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada mahasiswa pengguna Tiktok Shop di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto, maka hipotesis diterima (2) customer trust  berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada mahasiswa pengguna Tiktok Shop di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto, maka hipotesis diterima (3) e-service quality berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap repurchase intention pada mahasiswa pengguna Tiktok Shop di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto, maka hipotesis diterima (4) e-wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada mahasiswa pengguna Tiktok Shop di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto, maka hipotesis diterima.

References

Aziezy, E., Pahlevi, A., Suzana, A. J., P.K., D. S., Surveyandini, M., & Purnomo, S. D. (2024). Why is Beauty Youtuber so Popular? International Review of Management and Marketing, 14(5), 193–204. https://doi.org/10.32479/irmm.16818

Azizah, N., Wolor, C. W., & Fidhyallah, N. F. (2023). The Influence Of Information Quality And Customer Trust On Customer Satisfaction And Repurchse Intentionzah. 3(2).

Diyanti, S., Yuliniar, Y., & Suharyati, S. (2021). Customer Experience, Kepuasan Pelanggan Dan Repurchase Intention Pada E-Commerce Shopee. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 677–689.

Fakhirah, & Hadi, E. D. (2024). Effect of Electronic Word of Mounth (E-WOM), Product Quality and Price Perception of Repurchase Intention of Skincare Products on the Tiktok Shop Application. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 3(3), 379–388. https://doi.org/10.55927/fjmr.v3i3.8546

Fauzan, S. N., Sigalarki, F. F., Bisnis, E., Jenderal, U., & Yani, A. (2024). THE EFFECT OF E-SERVICE QUALITY AND CONSUMER TRUST ON REPURCHASE INTENTION OF LAZADA E-COMMERCE USERS IN BANDUNG CITY. 7, 1853–1860.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, Y. M., Chandra, T., Miran, I., & Yusriadi, Y. (2023). Repurchase intention of e-commerce customers in Indonesia: An overview of the effect of e-service quality, e-word of mouth, customer trust, and customer satisfaction mediation. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 329–340. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.10.001

Haryati, D., Usep, S., & Sadat, A. M. (2023). Pengaruh Service Quality Dan Brand Image Terhadap Consumer Trust Dan Repurchase Intention Pada Social Commerce Tiktok Di DKI Jakarta: Studi Kasus Pada Pelanggan Tiktok Shop. Jurnal Pijar Studi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 96–107. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb

Jayaputra, R., & Kempa, S. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Jayaputra, R., Sesilya, D., Program, K., Management, B., Manajemen, S., Bisnis, F., & Ekonomi, D. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Customer Satisfaction Pada Peng. Universitas Kristen Petra, 10(1), 1–10.

Made, N., Febriani, A., Ketut, I. G. A., & Ardani, S. (2021). The Influence of Customer Experience, Ease of Use, and Trust on Repurchase Intention (Case Study of Tokopedia Consumers in Denpasar). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 378–383. www.ajhssr.com

Nafisah, T. D., & Albari, A. (2024). The Effect Of E-Service Quality On Repurchase Intention With Customer Satisfaction And Customer Trust As A Mediation In E- Commerce. 04(01).

Priyatna, E. H., & Agisty, F. (2023). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Sociolla. Dynamic Management Journal, 7(1), 104. https://doi.org/10.31000/dmj.v7i1.7588

Rachmawati, M., Handayani, R., & Yuhananda, E. M. (2023). Baby N Kids Products On E-Commerce Tiktok Shop Pengaruh E-Service Quality dan Brand Trust Terhadap Repurchase Intentions Produk Gloo Baby N Kids Di Toko Tiktok E-Commerce. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 4765–4771.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-2). Bandung: Alfabeta, CV.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan (I). CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2025-10-10