Pengaruh Suku Bunga, Kurs Rupiah, dan Harga Emas terhadap Return Saham PT. Antam Tbk. yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Jihan Grece Feren Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Merdeka Malang
  • Sihwahjoeni Sihwahjoeni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Merdeka Malang

Keywords:

return saham, suku bunga, nilai tukar rupiah, kurs rupiah, harga emas

Abstract

Return saham merupakan hasil yang didapatkan dari berinvestasi saham. Return saham bisa bersifat positif dan negatif, bila return saham positif bermakna investasi saham membuaahkan keuntungan. Sebaliknya bila return negatif bermakna investasi saham mengalami kerugian. Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suku bunga, kurs rupiah, dan harga emas terhadap return saham PT. Antam Tbk. dengan menggunakan data setiap bulan (mtm) selama periode tahun 2016-2019. Dengan adanya kesenjangan pada penelitian sebelumnya, melatarbelakangi dilakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisa pengaruh dari variabel suku bunga, nilai tukar rupiah, dan harga emas terhadap return saham selama periode pengamatan 2016-2019. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yakni analisis regresi linear berganda yang dioperasikan menggunakan SPSS. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Selain itu dilakukan uji hipotesis berupa uji T, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel suku bunga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham PT. Antam Tbk, variabel nilai tukar rupiah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham PT. Antam Tbk, sementara variabel harga emas memiliki pengaruh positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.

References

Agestiani, A., & Sutanto, H. A. (2019). Pengaruh indikator makro dan harga emas dunia terhadap indeks harga saham syariah (Jakarta Islamic Index). Journal of Economics and Banking, 1(1), 26–38.

Aji, T. S., & Musdholifah, M. (2007). Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi terhadap inflasi di Indonesia. Arthavidya, 8(1), 33–40.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jannah, M. N. (2018). Anaisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Tingkat Suku Bunga SBI (BI Rate) dan Harga Emas Dunia Terhadap Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(2), 103–110.

Krisna, A. A. G. A., & Wirawati, N. G. P. (2013). Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Suku Bunga SBI Pada Indeks Harga Saham Gabungan di BEI. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 3(2), 421–435.

Meta, R. S. (2006). Perbedaan Pengaruh Inflasi, Tingkat Suku Bunga Dan Nilai Tukar Rupiah/Us Dollar Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Saham Properti Dan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta 2000 - 2005). Universitas Diponegoro.

Rismala, R., & Elwisam, E. (2019). Pengaruh Inflasi, BI Rate, Kurs Rupiah, dan Harga Emas Dunia Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan di Indonesia. Jurnal Manajemen, 15(2), 80–97.

Saputra, S. E., & Poernamawatie, F. (2018). Pengaruh Nilai Tukar (Kurs), Inflasi, BI Rate, Dan Harga Emas Terhadap Return Saham Dengan ROE Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Bank BCA). Jurnal Akuntansi Indonesia, 12(2), 42–50.

Sasono, H. B. (2003). Pengaruh Perbedaan Laju Inflasi dan Suku Bunga pada Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika, dalam kurun waktu Januari 2000 - Desember 2002. Majalah Ekonomi.

Suanariyah. (2006). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. UPP AMP YKPN.

Downloads

Published

2022-10-06