Nilai Perlambatan Dan Uji Ketegangan Disch Brake Pada Sistem Pengereman (Gokart 7,5 Hp)

Authors

  • Afiff Yudha Tripariyanto Universitas Kadiri
  • Lolyka Dewi
  • Ana Komari

DOI:

https://doi.org/10.33479/snti.v1i.154

Keywords:

Disch Brake, Kecepatan, Perlambatan, Tegangan

Abstract

Setiap kendaraan baik kendaraan yang kita pakai sehari hari sampai ke kendaraan sport untuk balapan di lintasan akan dilengkapi dengan system Pengereman. Pengereman merupakan salah satu piranti penting dalam sebuah kendaraan bermotor baik Roda dua maupun roda empat dan seterusnya. Secara sederhana Fungsi dari pengereman untuk mengurangi laju kendaraan dari kecepatan tinggi ke rendah dan sampai benar-benar berhenti. Dalam system pengereman dibagai menjadi 2 yaitu Disch brake dan Drum brake yang membedakan keduanya terletak pada cara kerjanya dan jenis komponenaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode secara langsung yaitu mulai mempersiapkan alat dan bahan serta melakukan pengujian secara langsung yaitu pemasangan pengeraman Disch brake pada Gokart Daiho 7,5 Hp yang peletakanya dilakukan pada poros belakang dengan menghitung centroid/titik tengah sehingga didapatkan balancing yang sesuai.  Dalam penelitian ini akan menganalisa aplikasi nilai perlambatan pengereman Disch brake pada Gokart Daiho 7,5 Hp dengan beberapa variasi kecepatan awal yang berbeda yitu dimulai dari nilai kecepatan terkecil 20,30,40,50,60 dengan nilai perlambatan pengereman adalah 80,75,94,11,125 dan 150m/dtk dengan waktu pengereman 0,25. 0,4. 0,425.0,4.0,4 dan 0,4. Dengan efisiensi pengereman sebesar 13,58% dengan nilai tegangan pengereman sebesar 0,26m². dari hasil nilai tersebut maka bisa ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi nilai kecapatan kendaraan maka juga akan semakin lama waktu yng digunakan untuk memberhrntikan kendaraan tersebut dan jarak pengeremanpun juga akan semakin panjang.  

References

Hardianto,Ian siahaan., Yung,hoo sen,(2008). Kinerja rem tromol terhadap kinerja rem cakram kendaraan roda dua pada pengujian stasioner, jurusan teknik mesin universitas kristen petra, Surabaya

Meifal rusli dkk, 2010 “analisis getaran dan suara pada rem cakram saat beroperasi” seminar nasional tahunan teknik mesin (snttm) ke-9, universitas andalas.

M.M.Elhafid, D.D. Susilo, and P.J. Widodo, “Pengaruh bahan kampas rem terhadap respon getaran pada sistem rem cakram,” Jurnal Teknik Mesin Indonesia, vol. 12, no. 1, pp. 1-7, April 2017.

Pemerintah Republik Indonesia (2012) Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 Tentang Kendaraan.

Panjaitan, H. 2018. Perancangan elemen mesin. http://id.scribd.com/document/377475721 /Hikma- Panjaitan-Perancangan-Elemen-Mesin112073073

Sularso, Kiyokatsu suga. Dasar perencanaan dan pemilihan elemen mesin, jakarta 1994

Tripariyanto,A.Y & Indrasari (2019) Disch Brake type of Braking System on rear Shaft of Gokart Daiho 7,5 Hp.Journal of Physic : Converence series Vol 1569.

Downloads

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles