Penerapan Six Sigma untuk Peningkatan Kualitas Packing pada Minyak Goreng Pouch PT. XYZ di Kabupaten Gresik

Authors

  • Rahmatulloh Rahmat Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yitno Utomo Universitas PGRI Adi Buana

DOI:

https://doi.org/10.33479/snti.v1i.100

Keywords:

Six Sigma, DMAIC, Cacat Produk, Packing

Abstract

Kualitas kemasan sangat berpengaruh terhadap pendistribusian hasil produksi kepada pelanggan. Apabila kemasan mengalami kerusakan atau cacat ketika produksi, maka produk tersebut tidak dapat didistribusikan kepada konsumen. Oleh karena itu, kualitas dari kemasan harus dijaga untuk keberhasilan pemasaran produk. Hal ini berlaku untuk setiap pruduk tidak terkecuali produk minyak goreng dengan kemasan pouch. Pada proses packingnya kemasan pouch sering mengalami kendala atau cacat sehingga dapat merugikan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil analisis six sigma sebelum diterapkannya DMAIC, dan mengetahui hasil analisis implementasi six sigma sesudah diterapkannya DMAIC. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang diambil selama 30 hari. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dan observasi saat penelitian berlangsung dimana kehadiran peneliti sangat diperlukan dalam penelitian ini. Teknik Analisis yang digunakan yaitu dengan metode DMAIC. Define, mengidentifikasi masalah guna mengetahui   sumber permasalahan dan pembuatan diagaram IPO; Measure, melakukan pengukuran menggunakan diagram control P-chart dan menganalisa tingkat DPMO; Analyze, mengidentifikasi penyebab dengan menggunakan diagram pareto dan diagram tulang ikan; Improve, rekomendasi usulan perbaikan; Control, mengevaluasi hasil kinerja dalam kondisi standart dan terjaga nilai-nilai peningkatannya. Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan perbaikan nilai sigma yang didapat yaitu 3,99 sigma dengan nilai DPU sebesar 0,006434 dan DPMO sebesar 6.364. Terdapat 4 jenis defect yang masuk dalam CTQ yaitu bocor, isi kurang, kemasan rusak, dan expired date tidak ada. Setelah melakukan 9 tindakan perbaikan diperoleh nilai sigma seberas 4,18 dengn nilai  DPU sebesar 0,003655 dan DPMO sebesar 3.655

References

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press

Didiharyono, Marsal, & Bakhtiar. (2018, September). Analisis Pengendalian Kualitas Produksi

Dengan MEtode Six Sigma Pada Industri Air Minum PT. Asera Tirta Posidonia, Kota Palopo. Sainsmat.

Donald, L., Suzanne, B., & Elaine, C. (2003). How to scope DMAIC projects. Quality Progress, 36 (1), 37 – 41.

Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset

Gaspersz, V. (2002). Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi Dengan ISO 9001:2000, MBNQA, dan HACCP. Bogor: Gramedia. Retrieved from http://www.vincentgaspersz.com/wp-content/uploads/2020/02/BUKU-SIXSIGMA-2002-VG-1.pdf

Irwan dan Didi Haryono. 2015. Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Bandung: Alfabeta

Izaah, N., & Rozi, M. F. (2019, Maret 1). Analisi Pengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma Dmaic Dalam Upaya Mengurangi Kecacatan Produk Rebana Pada UKM Alfiya Rebana Gresik. SOULMATH, 7.

Kotler, Philip. 2010.Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, (terjemahan Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli AK),Jakarta:PT. Ikrar Mandiriabadi.

Kusumawati, A., & Fitriyeni, L. (2017, Juli 1). Pengendalian Kualitas Proses Pengemasan Gula Dengan Pendekatan Six SIgma. Sistem dan Manajemen Industri, 1.

Linderman, K.; Zaheer, S; Choo, A. S (2003). "Six sigma: a goal-theoretic prespective:. Journal of Operations Management, Vol 21, pp.: 193-203

Manggala, D. (2005). Mengenal Six SIgma Secara Sederhana. Retrieved from https://gdmanggala.files.wordpress.com/2010/08/six-sigma-sederhana.pdf

Park, S. H. (2002). "Six Sigma for productivity improvement : korean business corporation". Productivity Journal, Vol. 43, pp. : 173-183.

Pitoyo, D., & Akbar, A. R. (2019, Februari 1). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Six Sigma dan Metode 5 Step Paln Di PT. Pikiran Rakyat Bandung. ReTIMS.

Rimantho, D., & Mariani, D. M. (2017). Penerapan Metode Six Sigma Pada Pengendalian Kualitas Air Baku Pada Produksi Makanan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri.

Sirine, H., & Kurniawati, E. P. (2017, September 3). Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode SIx SIgma (Studi Kasus Pada PT. Diras Concept Sukoharjo). AJIE, 2.

Shofia, N., Mustafid, & Sudarno. (2015). Kajian Six Sigma Dalam Pengendalian Kualitas Pada Bagian Pengecekan Produk DVD Player PT. X. GAUSSIAN, 4.

Downloads

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles